Tentang SiberMedik

Assalamualaikum…

Semua berawal di pagi hari bulan April 2007 ketika sedang OnLine via Hotspot di gedung SPMB depan Kampus. Saya mencoba membuat Blog, sebuah blog non formal untuk berbagi sekaligus mencoba bersosialisasi di dunia maya. Nama yang saya ambil cukup sederhana, “Siber-Medik”, dengan harapan bisa menjadi  penyambung antara dunia maya (Siber) & dunia kedokteran (Medik).

Waktu pun berjalan seiring bertambahnya artikel demi artikel yang terposting di blog ini, begitupun sahabat. Saya memperoleh banyak sahabat seprofesi, tepatnya mungkin calon teman sejawat yang hobi nge-blog juga saat itu (Istilahnya: MedBloggers). Disinilah pandangan saya tentang dunia kedokteran di masa depan sesungguhnya mulai sedikit demi sedikit terbuka, berbagai sudut pandangi dari para dokter ini sangat inspiratif.

Lewat berbagai blog ini lah kami saling terhubung dan berkomunikasi. Saling memberi komen berupa pertanyaan, masukan, kritik sekaligus saran untuk diskusi di tiap artikel, Silaturahmi seperti inilah yang disebut BlogWalking. Selain Blogwalking, kami juga sempat mengadakan pertemuan antar blogger jauh sebelum event PestaBlogger nge-trend beberapa tahun terakhir, momen2 semacam inilah yang kami sebut KopiDarat alias KopDar.

Sebelum mempublikasikan ukang beberapa Artikel yang telah saya buat, sekali lagi ingin menekankan bahwa semua materi dalam Blog ini adalah karya tulisan sendiri yang bersumber dari pengalaman-pengalaman empiris dan berbagai literatur yang telah saya baca. So, please respect jangan dibajak hasil tulisan saya!! Boleh di-copy tapi mohon dicantumkan sumbernya ya..! Tentang File-file yang bisa rekan-rekan download, boleh rekan-rekan download dengan bebas.

Terima Kasih..selamat menjelajah.

Wassalamualaikum Wr.Wb..

// //

90 thoughts on “Tentang SiberMedik

  1. Ass.
    hai maz…
    I’m coming..!!!
    emm..rada bingung ma blog-mu.tp abiz buka yg “siapa sibermedik”…ooowwhhhh
    he…he…he…
    Btw, ajarin bwt website dunk…..aq dah lupa.blo-Q sendiri aza jg dah lupa..
    Maz galih kan kakakQ yg pualing baik….
    (nek pas apik…he99x). Oia, kok g pke nama yg sering aq panggil c…?
    Ooops…dulu mo msk ITS toh…
    ya klo gt kan g bs ktm aq toh…(PD abizh ne…)
    beruntung bgt punya adek kaya’ gue…😀
    Tapi, klo jd msk ITS kan bisa ktm kakakQ kandung… (penting g c..):/
    Btw, udah dulu yach….
    c u

    Wass

  2. Assalamu’alaikum.
    Salam kenal.
    Mudah2an cita2 bisa terwujud.
    Ceritanya persis banget saya dulu pas masih kuliah….,
    ingin masuk informatika ITB, eh, keduluan keterima PMDK UI…
    ya sudah, rejekinya di situ…🙂

    Nikmati azza…

  3. @ Dani iswara
    sedang dalam rencana…Kedokteran dirgantara, kedokteran maritim, kedokteran okupasi industri, dan kedokteran olahraga….

    kedokteran maritim baru posting USNS MERCY

  4. Assalamu’alaikum Wr Wb, Salam kenal Mas, terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Mengenai plak, definisi mengganggunya yang seperti apa dulu ni? BTW, saya tertarik untuk mengirimkan artikel untuk bukunya ‘Ringer Laktat’, karena kebetulan saya juga sedang PTT di pulau Seram, Maluku. Terima kasih atas responnya. Wassalamu’alaikum wr wb

  5. bung siber…blog anda banyak manfaatnya…khususnya buat seusia saya…tolong bahas tentang penyakit jantung koroner ya…thanks…

  6. @ kobal sangaji
    matur nuwun Dok..idem..blog dokter juga mencerahkan kok…

    @asta qauliyah.
    Waasalikum salam

    @Merry magdalena
    makasih bgt!!!!! insya Allah As Soon As Possible akan satya kirim artikelnya.

    @ selvi
    Salam kenal balik jg…

    @rosa
    saya tunggu dok artikelnya

    @Syafri
    Prof, ilmu saya masih dikit…mungkin cakmoki & (dr.) kobal sangaji lebih kompeten untuk itu.

  7. Asslmkm………….
    Slm knal teman sejawat……………
    Saya Rully, dr FK UHT 2003. Kayaknya latar belakang kita tidak jauh beda. Saat mau masuk di kedokteran. Namun saya masih butuh belajar banyak dari sampeyan nich. Maklum blogger baru……
    Oh ya Spesialist Kedokteran Okupasi ( Sp.OK ) adanya dimana ya ( slm ini saya blm tau, ya hy kbr burung aja, mungkin aq yg kurang cari ya….)? trus apa sama dg Magister Kesehatan Keselamatan Kerja (M.KKK)/ Magister Kedokteran Kerja ( M.KK ). Mohon infonya, klo bisa syarat2 daftarnya juga, coz aq ada minat ke sana nich….
    Syukron……………….

  8. @Rully
    Cek aja di UI…Spesialis Okupasi Kerja (Saya juga pengen he..he..) saat ini ada di UI.
    Bedakan dengan Magisternya (MKK).

    Spesialis dah dipersiapkan tujuan utamanya untuk mengatasi(Kuratif & Rehabilitatif) kondisi2 kecelakaan kerja,PAK(Penyakit Akibat Kerja) & PAHK (Penyakit akibat Hubungan Kerja)yang dialami pekerja maupun warga disekitar lokasi kerja.

    Sedangkan MAgiisternya diutamakan sebagai pencegahan (Promotif & Preventif) agar suatu lokasi kerja dapat minim PAK, PAHK, & Kecelakaan kerja…targetnya 1000 man hours Zero Accident.

  9. whoaaa.. bentar lagi koass niy?? trus jadi dokter deh..
    oh yaa pertanyaannya sudah Q bales tuh..kalo mau download musik klasik kemana..😀

    salam kenal juga yaa..

    hajimemashite (^_^)

  10. FSO David reporting for duty!!

    Hi, what’s up Doc! cuma drop by, saya dapat blog ini gara-gara nyari teman-teman yang sempat serve bersama USNS Mercy, terutama MedEnCamp nya, atau yang sempat nangani advance teamnya di tempat lain sebelum Kupang (Nias, Samarinda dll)

    Nice Blog, pretty cool too.
    Dee ya ’round dudes/dudettes….

  11. salam kenal
    calon dokter tho.
    saya juga sempat belajar ilmu kedokteran.
    tapi kedokteran forensik, soalnya anak-anak hukum dapat jatah belajar tentang kedokteran cuma yang itu doank:)

  12. wah mas sibermedik mo jadi seperti dr. Putu SpOK ya?
    Tapi mas sibermedik kalo udah jadi staff IKM jangan bikin repot koas kaya dr Putu lho ya…
    Jadi inget quotes khas pak Putu
    “Tidak ada hubungan gedek-gedek dengan turunya hujan” (dibaca dalam logat Bali)

    Cheers…

  13. lih, untuk tampilin postingan di TPC itu pertama harus buat postingan perkenalan dulu (biar teman2 TPC lain mengenal juga)…. ntar kalo dah lengkap perkenalannya di approve oleh admin.
    setelah itu kamu bisa menulis apapun tanpa moderasi seperti posting profil itu… coba baca halaman daftarnya lagi.
    okeh ditunggu loh posting perkenalannya

  14. Menjawab pertanyaan kamu tentang RUU ITE, sebenarnya agak dilema mau mengomentari RUU ITE ini, karena Dekan dan Dosen saya turut terlibat dalam tim perumus dan tim ahli menkominfo sebelum menteri yg sekarang.:mrgreen: Tapi akan saya coba jawab secara obyektif. Jadi begini lho Sibermedik…

    Dari pasal – pasal RUU ITE, yang patut menjadi pertanyaan adalah Pasal 27 ayat (1) dan ayat (3), lihat RUU, disitu tidak jelas bagaimana batasan perbuatan yg dilarang menyangkut “kesusilaan dan pencemaran nama baik” harusnya ada penjelasan yang lebih spesifik tentang kedua hal tersebut.. tapi ketika kita lihat pada bagian penjelasan, Pasal 27 seluruhnya dinyatakan “cukup jelas”
    Ini berarti, bisa saja ketika ada yang merasa telah dicemarkan nama baiknya lantas membuat pengaduan kepada pihak yang berwajib, maka hal ini bisa menjadi dasar untuk menuntut hingga mempidana seseorang (karena tergolong delik aduan) dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun atau denda paling banyak 1M yang disebutkan pada Pasal 45.

    Lihat juga pasal 40 ayat (2) tentang peran pemerintah, yang berwenang dan bertugas untuk melindungi kepentingan umum dari gangguan – gangguan yang disebutkan pada pasal ini. Lagi – lagi pasal ini bersifat terlalu general, kurang spesifik informasi atau apa yang tergolong hal yang mengganggu kepentingan umum. Begitu pula pada penjelasan pasal ini kembali disebutkan “cukup jelas”. Memang ini akan menghambat bagi dunia kedokteran ketika akan mencari informasi tentang “yang kamu maksud”. Atas dasar pasal ini pemerintah bisa saja menutup akses kepada situs – situs yang mengandung unsur melanggar kesusilaan, padahal dalam kenyataannya situs tersebut berisi informasi penting.

    Dalam beberapa pasal disebutkan juga, bahwa hal – hal yang diatur dalam pasal – pasal RUU ini akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah. Tentu saja PP yang dimaksud belum ada, karena RUU ITE ini belum disahkan. Semoga saja PP ini nantinya bisa lebih mempertegas dan memberi batasan kepada berbagai hal yang dirasa masih terlalu general yang bisa disalahartikan.

    Tentang setuju atau tidak, terhadap RUU ITE ini..??

    Saya setuju kalau RUU ITE ini bisa diberlakukan, asalkan jelas batasan – batasan yang dimaksud melanggar isi RUU ini. Jangan sampai kebebasan seseorang berpendapat malah diartikan sebagai perbuatan yang memenuhi unsur delik aduan atas pencemaran nama baik dan berakibat dipidananya seseorang.
    Tapi untuk hal transaksi elektronik yang diatur dalam RUU ITE ini, memang Indonesia perlu untuk memiliki suatu aturan tertulis tentang e-commerce. Sudah banyak penipuan yang terjadi dalam e-commerce, tapi belum ada aturan hukumnya yang bisa melindungi korban. Mengingat sistem hukum Indonesia itu civil law, atau berdasarkan hukum yang tertulis. Selain itu juga disebutkan tentang bukti elektronik, digital signature, dll perlu mendapat aturan hukum yang pasti agar memiliki kekuatan hukum.
    Mengenai transaksi elektronik, RUU ITE ini banyak mengacu pada UNCITRAL Model Law on Electronic Commerce Guide to Enactment 1996, dengan penyesuaian kondisi di dalam negeri.

    Yush.. semoga puas dengan legal opinion jawaban saya

    ( >__< ) salam

  15. Assalamualaikum….Salam kenal Yeh, QT sama2 satu perjuangan nich. he…he.. karena koas aye masih sedang dalam proses penyelesaian. Gambar bonekanya lucu lho… boleh minta yeh. He…he

  16. halo dik…, salam kenal dan salam sejawat yah…seneng bisa ketemu dengan komunitas sesama rekan sejawat. aku juga dokter alumni FK Unpad angkatan 1995…wahh..udah tua yah, tapi masih single neh😛 semoga sampeyan bisa cepet lulus jadi dokter yah…walaopun harus berjuang setengah mati (hehe pengalaman pribadi) sing lancar ujiane, baek2 karo mas residen…
    kalo ada waktu silakan mampir di tempatku nang http://mbakarlin.wordpress.com
    salam dik…semoga bisa terwujud cita2ne..

  17. Wah ini dia mahasiswa FK/ ko as yang jadi harapan bangsa Indonesia, berjuang di blog, itu bagaikan pejuang Budi Utomo dulu tahun 08.

    Saya belum sempat liat semuanya, tapi selintas blog ini menggugah selera.. dan cita rasa yang membuat kehidupan menjadi lebih berarti.

    Semoga sukses, keep up the good work!

  18. Assalamu’alaikum wrwb
    makasih dah kirim komentar di blog Puskesmas Mojoagung ( http://www.puskesmasmojoagung.wordpress.com ). Ini Puskesmas Mojoagung berusaha ikut tampil di Blog (yang gratisan lagi hehehehe..) sebenarnya mencontoh para pendahulu (Cak Moki, dan Dr Agus CN – PKM Krejengan). Biar Puskesmas itu gak dilihat sebagai institusi yang “Ndeso” dan Gaptek lagh…..Kata para pakar (Cieeee…) bahwa isi blog itu mencerminkan kepreibadian jadi kalau ingin tahu lebih banyak tentang PKM Mojoagung beserta isinya (orangnya, kegiatannya, pelayanannya) ya buka aja Blog Puskesmas Mojoagung.
    BTW….Blog mu bagus, keep spirit terus berbagi informasi (apa aja deh, gak harus medis). And Good Luck
    wassalamu’alaikum wr wb

  19. hmmm jadi menginspirasi untuk bikin pemasaran produk ukm pangan online nih🙂. salam kenal. met idhul fithri. taqoballahu minna wa minkum

  20. Sibermedik… kemarin makasih yaa rekomendasinya
    maklum niy ortu lagi iseng ngajak muter2 jawa.. habis kita nggak pernah mudik

    wlopun solo panas *bangeet* tapi asik juga, ada angin fohn sepoi sepoi.. sama kayak surabaya..n banyak restoran bakso.. klo di bandung jarang lho

    okay selamat bertugas

  21. Ykh. TS
    Salam kenal bagi yg belum kenal,
    Salam hangat bagi yg sudah kenal..

    Permisi numpang promosi & numpang launcing;

    DAFTAR NAMA GENERIK OBAT INDONESIA (NGOI)

    adalah e-book memuat daftar nama obat generik berdasarkan Informasi Obat/ IMS/ ISO obat-obatan yang didistribusikan di wilayah Indonesia.

    Keunggulan:
    1. GRATIS
    2. Tidak perlu lagi membawa informasi obat dalam bentuk cetak.
    3. File PDF yang flexible untuk kabanyakan Sistem Operasi:
    – Komputer/ laptop: Windows, Linux, Mac OS X
    – PDA: Windows mobile, Symbian
    4. Akses yang sangat mudah dan cepat; Jadi pengguna hanya cukup meng-klik link yang ada.
    5. Pilihan Daftar Isi atau Index. Daftar isi berdasarkan system, sedangkan Index berdasarkan urutan abjad nama generik.

    Silahkan unduh di:
    Genghiskhun.com

    Saran & kritik sangat ditunggu. BTK

    Genghiskhun.com

  22. weleh..weleh…kayanya TS bener-bener salah jurusan…harusnya ke Sragen, tapi blognya mantap. Blognya tak link ya? kalau boleh blog saya juga masukin blognya TS. Kapan-kapan jalan-jalan ke blog saya n kasih saran bisa? btw saya dari UNS angkatan 98

  23. Salam kenal,

    saya kebetulan lagi sekolah tentang medical informatics di US dan skrg nyari2 orang2 yang concern dg penerapan IT di Indo, dan kebetulan muncul beberapa nama. Mungkin bisa diskusi lebih jauh kapan2.

  24. ckckck.. hebat2. smg tetap dan slalu memberi manfaat😀 slm kenal.. sy Mulki, FK UNS 2007 ;D belum jadi siapa2, pun belum punya apa2 ;D mampir2 kalo sempat…

  25. Sippp! Salut buat sibermedik ya….

    Pgn juga seperti njenengan….🙂

    tapi kok agak oon di bidang IT hehehe….

    but its long life education…never too late to try something new…. (semacam mmotivasi diri sendiri…hehehe)

  26. Salam kenal..
    Lagi cari ilham bagaimana pengalaman kerja di bidang medis bisa digabungkan dengan kerja di urusan broadcast seperti sekarang ini…

    Lagi bingung malah nyasar ke. sini…

    Cari ilham lagi ah…

  27. assalaualaikum,,,mas siber…alhamdulialh,,,semoga bermanfaat tulisannya bagi kalangan medik diseluruh dunia terutama indonesia…karyanya membangun semangat setiap orang untuk melakukan yang terbaik bagi dunia kesehatan….ajarin dunk mas he,,,he,,,salut pada sesosok orang yang punya banyak kesibukan seperti mas, tapi masih memikirkan hal2 yang sangat bermanfaat,,,hatiku terpecut,,,ku bukan yang bisa teknologi,,,alias gaptek abizz..tapi dengan melihat semangat mas,,,pengen mengenal lebih jauh lagi tentang teknologi…man jadda wajada…

  28. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh
    Salam kenal ya!🙂
    Pertama kali baca “SiberMedik Give You More Than Medicine” wah menarik juga.
    Saya juga suka dengan kedokteran. Makanya mau jadi dokter. heee
    Tapi ya gitu, belum rezekinya mungkin. Tahun kemarin ga lulus di berbagai ujian masuk universitas ga lulus. T.T
    dan tahun ini (2010) mencoba kembali masuk ke fakultas kedokteran. semoga saja pengumuman SNMPTN 2010 nanti saya bisa lulus. amin Ya Allah
    oh iya, blog saya yang di wordpress ini belum diisi apa-apa. hehe
    kunjungi saja blog saya yang di blogspot. warnawarnikata.blogspot.com
    Enjoy for blogwalking!😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s