Kedokteran Informatika · Kedokteran Kerja · Kedokteran Motivasi · Persona

Medical Mobile Learning (2): The Hospital Is Not Enough!

Sebenarnya saya kecewa nonton Quantum Of Solace, lebih kecewa lagi Casino Royale, maklum menurut saya 2 film sekuel James Bond ini PALING JELEK secara alur cerita, tapi lumayan Hi-Tech soal gadget-nya.

Lho apa hubungannya dengan Medical mobile learning??

Tenang.., seketika saya terinspirasi dengn film The World Is Not Enough, Tomorrow Never Dies, dan Die Another Day, dimana Bond tidak pernah kehilangan jejak dan informasi sedikitpun tentang musuhnya walau terbentang jarak dan waktu. Apabila konsep ini diterapkan di dunia Koas yang kompleks menjadi:  The Hospital Is Not Enough untuk belajar, terus berjuang dan berusaha seakan-akan Tomorrow Never Die agar pasien yang kita rawat semoga Die Another Day, semoga lancar Koass nya hingga Sumpah Dokter Supaya dapat License To Kill Heal ..he..he…:D

Maka dari itu saya ingin berbagai beberapa pengalaman tentang Mobile Medical Learning 2: Online Mode, sebagai lanjutan dari tulisan sebelumnya, semoga bisa membantu kita (para koas) survive dan optimal dalam pendidikan profesi di RS.  Oh iya, Postingan ini juga merupakan rangkuman dari materi Ubiquitos Learning yang disampaikan dr.Dani Iswara saat mengisi acara STROMA setahun lalu.

Ayo Mang…..

—–

MEDICAL MOBILE LEARNING 2 : ONLINE MODE

Bayangkan jika anda (para KoAss, red) setelah jaga malam di IGD dengan pasien membludak (sampai nggak bisa tidur), tiba-tiba pagi harinya anda harus ujian referat ke staff (dokter spesialis), alhasil paling ya pasrah digoblok-goblokin he..he…

Tapi nampak beberapa Koas sedang asyik..oh maaf..serius menatap layar Ponsel serasa membaca buku, sedang apa mereka? Hmm…ternyata sedang browsing menggunakan fasilitas 3,5G (HSDPA), 3G(UMTS) dan GPRS untuk mencari informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan pasien.

Era sudah berubah, internet bukan lagi barang mahal, tidak susah dijangkau, bahkan harus terhubung. Begitulah kira-kira kondisi saat ini. Salah satunya dengan menggunakan Mobile Phone alias Ponsel atau bahasa nDeso nya HaPe. Tapi terkadang ironis, banyak yang HP nya sudah canggih sekelas SmartPhone tapi penggunanya ndak mudheng mengoptimalkannya.

Baiklah, yang pertama mari kenalkan aplikasi browser standar OperaMini. Pertama kali versi yang saya gunakan pada ponsel LG KU250 saya adalah ver. 3.0, lalu ketika menggunakan LG KU380 saya sempat upgrade sampai ver.4.2 dan saat ini pada SE M600i saya ‘tertanam’ OperaMini ver.5 Beta yang lumayan menarik & beda. Dengan Aplikasi ini kita dapat menjelajah (browsing) internet dengan lebih nyaman layaknya menggunakan PC/Laptop dengan ukuran mini.

Berikutnya setelah selesai instalasi aplikasi ini (Java), mari kita mulai Bookmarking beberapa situs yang sering kita gunakan untuk mencari informasi tentang dunia medis. Karena tiap sejawat mungkin memiliki situs favorit masing-masing, maka saya coba berbagi situs medis favorit menurut versi SiberMedik.

1.  Google.com

Yaiyalah…secara ini situs tertua peninggalan prasejarah *Lebay ON*, maksudnya situs ini adalah mesin pencari tercanggih sampai saat ini. Untuk situs ini tidak perlu di-Bookmark karena sudah terintegrasi dengan aplikasi OperaMini sendiri. Tetapi untuk fitur-fitur tambahannya sebaiknya ditandai seperti: GMail, BlogSpot, YouTube, dan GMaps.

2. Wikipedia

Untuk sekedar informasi medis ringan yang relatif tidak terlalu berat kita bisa menggunakan Ensiklopedia Online raksasa ini.

3. MIMS.com

Siapa yang tidak kenal dengan MIMS ? MIMS edisi Bahasa Indonesia merupakan buku referensi yang sangat bernilai, bukan hanya mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan tetapi juga dalam segi keamanan pemberian obat.
Dengan informasi produk yang akurat dan senantiasa diperbarui, buku ini diharapkan membantu dokter dan praktisi medis lainnya di Indonesia untuk memperoleh informasi obat secara praktis , tepat dan efisien.
Selain menyajikan informasi produk obat, MIMS juga dilengkapi dengan informasi pemberian obat pada ibu hamil (Indek Keamanan Kehamilan), dan anjuran pemberian obat menurut waktu makan (Anjuran Pre-dan Post-Prandial), yang bermanfaat untuk membantu para dokter dalam menjalankan profesinya sehari-hari.

Bayangkan buku setebal ini ada dalam Ponsel genggaman Anda? dan itu bisa! silahkan klik ke www.mims.com lalu register, berikutnya silahkan tandai di OperaMini Anda.


4. And many more… (bersambung)

………………………………………………………………………………………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s