Kedokteran Motivasi · Persona · Syiar Islam

Selangkah lagi KoAs

Sudah hampir 1 bulan ini saya jadi ‘pengangguran’ menjelang wisuda (Insya Allah 4 September 2008). Padahal wisuda hanyalah seremonial sebelum meletakkan jenjang ke dunia klinis selama 2 tahun kedepan alias masa Ko Ass. Jangan kira seperti sarjana-sarjana lain, mahasiswa FK setelah wisuda bukan berarti bisa langsung kerja. Gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) belum berarti banyak sebelum menjadi gelar Dokter (dr.).

Maka dari itu beberapa kegiatan pengisi waktu saya lakukan dalam rangka mempersiapkan diri sebelum Koas dengan harapan semoga tidak ada masalah selama memasuki kandang buaya (baca:rumah sakit) setelah keluar dari kandang singa (baca: kampus FK) sebelum benar-benar dilepas ke hutan belantara (baca: dunia sesungguhnya).

1.’MENGHABISI’ BUKU-BUKU.

Beberapa buku bagus masih belum dibaca, maklum banyak dapat hadiah buku-buku baru, tetapi ada 3 buku yang membuat saya ketawa ra cetho, ngguyu cekaka’an nganti Trismus (halah!). Ya, buku DOKTER NGOCOL dan CADO-CADO, kisah lucu seorang dokter spesialis mata selama belajar di Fakultas Kedokteran.Ada juga buku pinjaman yang senada dengan buku diatas, judulnya ‘PATCH ADAMS’, yang terkenal dengan semboyan LAUGHTER IS THE BEST MEDICINE.

Tidak sepenuhnya salah, tapi tertawa ada batasnya. Islam mengatur adab-adab tertawa, inilah agama yang santun dan mulia dalam rangka membangun peradaban.

Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan. (Q.S At-Taubah 9:82)

Dari Bahez Ibnu Hakim, dari ayahnya, dari kakeknya, Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Celakalah orang yang berbicara, padahal ia bohong, untuk sekedar membuat orang-orang tertawa, celakalah dia, kemudian celakalah dia.” (Riwayat Imam Tiga dan sanadnya kuat).

“Jauhilah segala yang haram niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah. Relalah dengan pembagian (rezeki) Allah kepadamu niscaya kamu menjadi orang paling kaya. Berperilakulah yang baik kepada tetanggamu niscaya kamu termasuk orang mukmin. Cintailah orang lain pada hal-hal yang kamu cintai bagi dirimu sendiri niscaya kamu tergolong muslim, dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa itu mematikan hati. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Saya juga kebagian tugas menyelesaikan rencana peluncuran buku Ringer Laktat untuk Rekan Sejawat, yang sekali lagi pending karena pengiriman merchandise kepada para pengirim naskah kisah-kisah dokter PTT. Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada para pengirim naskah, insya Allah akan kami hubungi via Telepon sebelum kami kirim.

–**–

2. GREY MATTERS @ GREY’S ANATOMI (COMPLETE 1st-3rd Season).

Grey’s anatomy adalah sebuah seri Medical Drama yang sedang ngetrend dikalangan mahasiswa FK. Pertamanya sih penasaran karena saya cuma ingin tahu bagaimana pola kerja dokter-dokter diluar negeri (baca: Amrik) dari film ini. Dengan modal patungan se-kost ya akhirnya sewa DVD nya di MovieTime. Yah daripada Nonton TV yang isinya banyak sinetron-sinetron nggak bermutu blas???.  Eh ternyata…..Lha kok ngene Rek?? Nggak genah blas Film’e…

Lha mosok dokter-dokter bedah dan residen-residennya (dalam film ini) penuh dengan skandal hohohihe? Hidup kok cuma buat kerja..kerja..kerja..dan s*x. Mungkin film ini ingin menunjukkan realita kehidpan dokter-dokter di amrik, tapi kok begini? Apakah seperti ini pola kehidupan sekuler? Topeng profesionalitas dalam film ini menutupi ketidakpercayaan akan adanya Allah SWT, Tuhan yang maha menguasai hidup dan mati tiap MahlukNya.

Atas nama profesionalitas sebagai dokter spesialis mereka mengorbankan keluarga (ayah, ibu, istri, anak,dll), kehidupan pribadi , bahkan keyakinan. Lalu maunya apa? Lalu untuk siapa hasil mereka bekerja? Kenapa hidup penuh dengan Ambisi? Kenapa tidak bisa menikmati hidup?

Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur.Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim,dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu). (Q.S At Takaatsur 102: 1-8)

Ada sebuah ayat yang menegur kita tentang keseimbangan profesi dan keluarga, ibadah dan dunia, inilah ayat-ayat cinta yang Allah SWT firmankan untuk kebahagiaan manusia:

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.S Al-Qashash 28:77)

Subhanallah, Allah yang menguasai hidup dan mati kita, mengapa kita kadang kufur setelah diberi nikmat? Profesi DOKTER yang akan saya tekuni semoga tidak menjadikanku jauh dari-Nya.

Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

 

–**–

3. ‘INTEL’ SEKALIGUS INFORMAN.

obrolan jomblo
obrolan jomblo

Mampir ke kost teman-teman yang sudah koas dulu. Sambil ngobrol basa-basi saya mengorek banyak informasi tentang dunia koas. Istilah-istilah hingga ‘Protap-protap’ ala koas harus dimengerti sebagai kode rahasia. Tukar-menukar informasi juga kepda teman-teman koas tentang IT hingga ada yang minta diajari memakai mig33.

Beberapa Kode rahasia KoAs:

  • Nyiro : Masih ingat Shiro (anjingnya Sinchan)? Ya begitulah, Nyiro (meniru Shiro) berarti Koas Yunior harus mengikuti Koas senior, Staf, Residen, dan Dosen kemanapun mereka pergi.
  • Cito : artinya cepat.
  • Koas Pato (Patologis) : Ini tipe Koas yang males. Tipe ini boleh-boleh aja ASAL tidak mengganggu teman-teman koas yang lain.
  • Koas Fisio (Fisiologis) : Ini lawannya Pato, alias Koas yang wajar-wajar saja.
  • I.R (Indonesia Raya) : ini adalah istilah kumpula ‘protap-protap’ koas untuk menghadapi dosen-dosen tertentu yang selalu diperbaharui tiap ada dosen baru alias ‘diwariskan’. Makanya dinamakan INDONESIA RAYA karena tiap tahun dosennya juga sama, misal: “Dr X sukanya ngasih pertanyaan tentang Diabetes Melitus“, “Wah kalau ujian dengan Prof.XY kamu pakai baju merah aja“, dsb.
  • Masih banyak lagi….nggak cukup saya tulis disini.

Sedikit kisah utuk mengawali langkah menjadiseorang dokter…

–**–

TAK LUPA SAYA MEMOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA KEPADA SEMUA PEMBACA DAN BLOGGER-BLOGGER SEBELUM MEMASUKI BULAN SUCI RAMADHAN.

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Q.S Al Baqarah 2:183)

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan mengharap ridlo’Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lewat.” Muttafaq Alaihi.

17 thoughts on “Selangkah lagi KoAs

  1. huumm kalo menurut gw siy bagusan serial Emergency Room…
    film fav dari jaman SD dulu tuh.. sekarang sudah sampai season ke 11 di amrik sana.. kalo disini baru ada sampai season 7..

  2. keren juga blognya..dunia koass itu kayknya sama aja dimanamana..capek,hehe
    salam kenal friend..ni aku anak koass FK Unlam BJM
    blog ku.. : kisahdoktermuda.wordpress.com..kpn2 mampir yoo

  3. klo mo tanya istilah2, IR atau di tempatku RI (rahasia Intern)….tanya ma aku aku termasuk yg sering kumpulkan kayak gitu..
    Percaya dak..waktu ujian Mata..Prof-ku tertawa ngakak..kenapa….? sewaktu beliau kehabisan (lupa ) mo tanya apa …aku bilang Prof mungkin prof mo tanya..di mana letak bitot’S spot ya?…..Loh kok tahu dik…..aneh ini bukan jawaban nya aj yg tahu..tapi sakpertanyaannya dihapalkan……ya udah yg penting ada usaha tahu dan belajar..nih nilai A…

  4. tambahan..sebelum masuk koass…siapin duit kaget yg byk..
    ya buat beli pulsa kalo telp RS lagi ngadat..jd terpaksa make telepon kita sndiri…
    aku jg menganggur neh..mnunggu yudisium dokter,,,katanya sih November,,,

  5. @ Chimu
    Mampir?? Monggo…

    @Binchoutan
    ER?? wah malah belum liat season terusannya…ya ntar deh kalau ada di rental aq pinjem.

    @aRul
    Waduh rul… jadi dokter dulu..

    @Indra
    Ndra..ndra..pesan sponsor: “POSTING-LAH COMMENT PADA TEMPATNYA”

    @Crappucino
    Shiro..shiro..Kakak Suka paprika ya?? *Sinchan mode ON*😛

    @Kisahdoktermuda
    thanks banget tips2 nya..website anda bagus..maaf belum saya masukin blogroll soalnya bandwith drop.

    @Dhani
    Boleh..boleh…ntar biaya konsul transfer via bank ya..he..he..

    @KonsulSehat
    IR atau RI sama-sama baceman KoAs

    @Yetty
    Salam juga..waalaikumsalam

  6. Atas nama profesionalitas sebagai dokter spesialis mereka mengorbankan keluarga (ayah, ibu, istri, anak,dll), kehidupan pribadi , bahkan keyakinan…………profesionalitas???….profesionalitas macam apakah itu.Saya tidak setuju bila itu dikatakan seorang yang profesional,lbh tepat kumpulan orang** yang kurang mendalam ilmunya yang memakai kedok profesi.Seorang yang berilmu takkan seperti itu….

  7. dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali), dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.”
    ASY-SYU’ARAA 80-82

    FILOSOFI PROFESI DOKTER MUSLIM

    1.BERIMAN KEPADA ALLOH,RISALAHNYA,KITAB**-NYA,BERIMAN PADA HARI AKHIR,DAN PADA QADARNYA YANG BAIK JUGA YANG BURUK

    2.DIBENTUK UNTUK MENYEMPURNAKAN KESEHATAN SELAMA

    ADA

    KEHDUPAN,ALLOH-LAH YANG MEMBERI KEHIDUPAN&KEMATIAN

    3.BERADA PADA PUNCAK SPESIALISASI KEILMUANNYA.HIKMAH MERUPAKAN BARANG YANG HILANG DARI ORANG MUKMIN,DIMANAPUN DITEMUKAN,MAKA DIALAH YANG PALING BERHAK DARIPADA ORANG LAIN.

    4.JUJUR JIKA BERBICARA,MENULIS,DAN BERSAKSI

    5.MENJADI TELADAN YANG BAIK.JANGAN MEMERINTAHKAN MANUSIA KECUALI YANG DIPERINTAHKAN & TIDAK MELARANG MEREKA KECUALI APA YANG DILARANG.

    6.SABAR,BAIK DALAM BICARA,MENJAGA SUARA & PANDANGAN ,BERPENAMPILAN RAPI,MEMBERI KESAN TERPERCAYA,MENJAGA KEMULIAAN,SOPAN PADA SEMUA,RENDAH HATI & TIDAK SOMBONG.

    7.MENSYKURI NIKMAT ALLOH,DAN MENYADARI BAHWA MERUPAKAN NIKMAT ALLOH-LAH BUTUHNYA MANUSIA PADA DIRINYA.

    8.MENGOBATI PASIEN DENGAN OBAT YANG DIHALALKAN ALLOH,KECUALI JIKA TERPAKSA

    9.MEMPUNYAI PENGETAHUAN TENTANG FIKIH,HUKUM**IBADAH,MAMPU MENJAWAB PERTANYAAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA DARI PARA PASIENNYA,SEPERTI RUKHSHAH DALAM BERBUKA PUASA,MANASIK HAJI,HUKUM**BERKAITAN DENGAN KEHAMILAN,KHITAN,PUASA & LAINNYA DAN BERBAGAI RUKHSHAH YANG ADA.

    10.SELALU MENAMBAH ILMUNYA.PADA HAKEKATNYA INI MERUPAKAN IBADAH SELAMA KEHIDUPAN ITU MASIH ADA

    INILAH PROFESIONALISME SESUNGGUHNYA:karena dia tahu hanya manusia biasa,dia bisa menyembuhkan karena pertolongan ALLOH,Alloh menjadikannya bermanfaat bagi orang lain sehingga dia selalu bersyukur dengan menjaga dirinya dari kemurkaan Tuhannya,..

  8. mo nanya nii..
    kalo koas kedokteran apaan aja..
    bingung ni, maklum masih anak SMA.. pngennya ke kedokteran..
    tapi ada yang bilang ngutak ngatik mayit😦

    tolong reply ke e- mail ya ^_^
    maaf merepotkan.. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s