Persona

Selamat Ulang Tahun Surabaya-ku

::::SELAMAT HARI JADI KOTA SURABAYA KE-715::::

Hampir 4 bulan saya belum pulang ke Surabaya, rasanya kangen sekali dengan kota yang penuh kenangan ini. Malam ini apalagi, kota yang kini telah berusia 715 tahun (walau banyak pro & kontra tentang hari jadinya) sedang merayakan hari jadinya.

Beberapa postingan yang saya buat selama di ‘rantau’ , merupakan pengobat rindu hati untuk mengenang Kota Pahlawan ini. Postingan-postingan tersebut antara lain:

  1. Kangen Surabaya Again: Safe@Ride
  2. Kangen Surabaya: Memory 80-90′an
  3. Dokter Juga Pahlawan (3): Dr.Soetomo Arek Suroboyo!
  4. Surat-surat Cinta Sang Pahlawan
  5. Ngapain aja abis lebaran, Om??
  6. Surabaya…i’m Coming (^_^)/~

Dari tulisan-tulisan inilah penulis berharap spirit sebagai Arek Suroboyo tetap hidup walau sekarang berada ditempat lain. Arek Suroboyo yang Pemberani, Cerdas, Ulet, Kreatif, dan Opo ono’e (apa adanya), merupakan identitas diri bahwa kami bangga tumbuh dan besar di Kota ini.

Arek Surebeje

:::IRONI SURABAYA:::

Tiap kota memiliki kisahnya sendiri, begitupula Surabaya. Ada beberapa hal yang mengusik penulis untuk mencurahkan kritik tentang Ironi Surabaya:

  1. PROSTITUSI DI SURABAYA. Sejarah tentang Prostitusi kota ini mungkin catatan hitam yang harus kita hapus, tidak layak anak cucu kita hidup dalam stigma surabaya adalah surga lelaki hidung belang. Apalagi muncul rumor bahwa pendapatan pajak terbesar Surabaya berasal dari bisnis dunia malam.
  2. JALAN YANG RUSAK. Kemacetan hingga kecelakaan telah menghiasi Kota ini,. Apa yang terjadi dengan Angkutan TREM jaman dulu? Lengangnya Jl.Tunjunga? Asrinya taman-taman tempoe doeloe? (lihat video diatas)
  3. GEDUNG-GEDUNG TUA TAK TERAWAT. Potensi wisata gedung-gedung bersejarah seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan domestik maupun manca, namun yang terjadi malah gedung-gedung itu menjadi tak terawat malah menjadi tempat tinggal para GePeng. Sungguh ironi…Apalagi setiap tahun Surabaya justru menambah Mall & Plasa dengan menghancurkan saksi-saksi bisu sejarah.
  4. SINOMAN VS INDIVIDUALISME. Semangat Arek-arek Suroboyo saat peristiwa 10 November tidak lepas dari semangat Sinoman (baca: kepemudaan). Sinoman merupakan sistem sosial alamiah masyarakat Surabaya (terutama pemuda) yang multietnis untuk saling bahu-membahu membantu suatu kegiatan untuk kepentingan bersama. Tetapi sekarang semangat sinoman ini terkikis oleh hedonisme & individualisme dimana terkesan “..gak ngereken awakmu..”, lalu apa artinya kita sebagai mahluk sosial? Naik haji berkali-kali tetapi tetangga kelaparan? naik mobil mewah tetapi tetangga tidak mampu beli minyak tanah???

Ayolah Rek!!…benahi kota ini!!…Mulai dari yang kecil..mulai dari diri sendiri..dan..mulai saat ini juga…

pawai hari jadi surabaya

Jangan cuma bisa demo dengan mulut, suara, anarki…tapi mulailah dengan perbuatan nyata…tunjukkan bahwa kita bisa memberi warna kota ini menjadi lebih baik.

17 thoughts on “Selamat Ulang Tahun Surabaya-ku

  1. saya rindu surabaya dahulu. saat para londo datang, para kompeni datang. dan surabaya bergemuruh takbir. Allohu Akbar !!!! saling bersahutan untuk kemerdekaan dari penjajahan mahkluk menuju kepada ketundukan pada khalik. dari kesempitan dunia, menuju keluasan akhirat. dan dari kezaliman kekafiran menjuju ke keadilan islam.

    saya rindu, saat tersebut ada di bumi ini…..

  2. Hm, aku bukan dari Surabaya sih. Namun aku juga berharap supaya Surabaya dapat pimpinan yang adil, sehingga kepemimpinannya barakah dan maksiat dapat dihilangkan, terutama zina.

    Btw, kok pawai-ne dikon “ngomong nggae boso suroboyo”? Emang ono tah? Bukanne basa Jawa? Utawa basa Indonesia?

    NB: Link-link antum di beberapa p*stingan yg saya buat salah tuh, ke p*st.php semua.

  3. @Hanif Abdullah
    Ya..begitulah..semoga istiqomah

    @Arif Romdhoni
    Boso Suroboyoan iku nggak murni boso jowo..Surabaya sendiri merupakan pertmuan budaya dari multi tnis sehingga bahasa yang dipakai pun campur aduk. Makanya Orang Jawa tengah masih ngenggep boso suroboyoan itu kasar karena nggak ikut pakem.

  4. onok guyonan arèk-arèk suroboyo
    jaréné :
    Suro = wani
    Boyo = utang
    dadi Suroboyo artiné : wani utang …😆
    ojok mberik lho
    èh… sik tah, Ning sing nggowo spanduk iku sopo sih ?😉
    ..duhhh, postingan ini nggarahi kangen rujak cingur rèk

  5. Surabaya tercintaaa… aku kangeen!

    Kemaren gak sengaja liat LA Concert di tipi.. pas konser ultah Surabaya di Grahadi.. aah… kangeeeen!

    Yep, yep, semoga Surabaya dapet pemimpin yang adil, dan rakyatnya tambah makmur sejahtera ^^b

  6. @cempluk
    monggo mas di dunlut ndak papa kok..btw,ni sedang berjuang tuk wisuda,jadi ndak iso mulih nang sby..mengko yen kopdar ndang kandani ya Cak?

    @cak moki
    Rujak cingur,Tahu Tek,tahu campur,Lontong balap,lontong kupang,etc..iyo cak,kangen aku?yek opo nek kopdar maneh nang KYA-KYA KEMBANG JEPUN ‘ae?

    @crapucino
    lho,awakmu lak arek sidoarjo toh?yo nek pingin eruh suroboyo golek’en buku SOERABAIA TEMPO DOELOE-Dukut Widodo

  7. menghinaaa…
    saya itu anak Surabaya… sampe ada pembaruan batas2 wilayah..
    dulu tempatku masuk Surabaya Selatan lagee!

  8. semoga sby ( bukan presiden kita loh ya… ) surabaya tercinta ini bisa tambah maju… gak sembarang maju sih… tapi maju dari hal terkecil ampe ke yang paling gede….

    surabaya kota tercinta n kampung halaman nih gimana gak seneng kalo kota ini maju…. kita tunggu aja kemajuan kota ini….

  9. aku cuma pingin surabaya nggak cemberut lagi. murah senyum. jadi perjalanan naik len menuju kos bisa seneng nggak ikutan-ikutan misah-misuh bareng sopirnya.. hehehe…

  10. @ crappucino
    lho berarti SidoBaya..hahaha… (sidoarjo+Surabaya)/2 = Sidobaya?

    @dokterearekcilik
    Duh..om sih yang ngajarin nakal? he..he…

    @Djagung
    PR kita sbg Arek Sby..membasmi kemaksiatan di SBY..bisa kan?

    @ndop
    Ojo misuh-misuh lah…Aku kangen boso suroboyoan Cak! lha nang kene kromo inggil terus…ribet Je!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s