Kedokteran Motivasi · Persona

SAATNYA DUNIA BERUBAH!! (Bedah Buku MENKES)

poster selamat datang

Senin (24/03/2008), DR.Dr.Siti Fadilah Supari Sp.JP(K) -MENKES RI-, datang ke FKUNS dalam rangka acara Bedah Buku Nasional “SAATNYA DUNIA BERUBAH: TANGAN TUHAN DIBALIK FLU BURUNG”. Buku yang beliau tulis ini mengisahkan tentang perjuangan beliau dalam rangka mempertahankan kedaulatan dan harga diri bangsa dengan cara menolak memberikan Sampel Virus H5N1 Strain Indonesia yang menurut penelitian adalah yang paling virulen (menular) diantara strain-strain dari negara lain yang terkena wabah H5N1 .

saat bedah buku

Perjuangan diplomasi beliau melalui banyak sekali hambatan dan rintangan, beliau menceritakan saat menolak memberikan sampel beliau malah mendapatkan sms ‘ancaman’ akan digoyang dengan isu Infeksi, outbreak, & masalah gizi. Dan ternyata itu terjadi! Saat beliau pulang dari pertemuan di luar negeri seketika itu pula media mem Blow-up kasus Pak Deden “Si manusia Akar”, disusul dengan Outbreak DHF, Enterobacter sakazaki dan sampai akhir-akhir ini dengan Gizi buruk (Padahal kenyataannya 2008 sudah menurun hampir 50% dibanding 2003, jadi memang ini akal-akalan media). Blow-up pemberitaan yang tidak seimbang ini justru membuat Menkes tidak patah arang dan terus berjuang demi harga diri bangsa ini.

Sebenarnya banyak sekali yang beliau ceritakan kemarin, tapi sebaiknya baca bukunya deh, selamat membaca *Saya sudah beli dan baru sampai halaman 60 saat Posting*. Sedikit kutipan dari bagian yang saya suka dalam buku ini:

Buku MenkesUhh, dasar kapitalisme tolol membodohi bangsa yang tidak tahu, bangsa yang bodoh dan terbelakang bukan berarti menjadi sumber pendapatan bagi bangsa yang maju. Ilmu pengetahuan yang maju bukan untuk menipu bangsa yang belum maju. Ilmu pengetahuan yang maju hendaknya untuk mensejahterakan umat manusia, bukan untuk menjajah umat manusia yang tidak berdaya. Dasar pemikiran kapitalistik yang mestinya tidak berlaku lagi bila dunia ini menghadapi Global Health Security.

Ternyata kapitalisme tidak hanya meng-eksploitasi kekayaan alam negara yang sedang berkembang, tetapi juga meng-eksploitasi kekayaan tubuh manusia dari bangsa-bangsa yang tidak berdaya. Mereka ambil darah kita. Mereka ambil sel-sel tubuh kita dan mereka ambil antibodi kita. Dan yang paling berbahaya mereka telah mengambil sel-sel otak kita untuk direkayasa dengan cara berpikir mereka, sehingga kita harus menuruti saja apa perintahnya. “

Acung Dua Jempol!! Bangga punya Menkes yang benar-benar memikirkan rakyat dan negeri ini! Salut untuk Ibu Menkes, Selamat Berjuang..Kami mendukungmu Ibu..Semangatmu akan menjadi bahan bakar bagi kami calon-calon dokter negeri ini.

“DIPLOMASI TANPA KOMPROMI” 

—————–

Berita Sejenis:

Menkes: Ilmuwan Jangan Terbelenggu Kepentingan Tertentu.

Siti Fadilah: Saya tidak minta jadi menteri kok..

Jadi Musuh AS & WHO.

Menkes: Terapkan Pola Pikir Ilmiah.

Menkes: Diplomasi Tanpa Kompromi.

15 thoughts on “SAATNYA DUNIA BERUBAH!! (Bedah Buku MENKES)

  1. yang saya pernah baca.. presiden SBY meminta buku ini ditarik dari peredaran..
    pada apa yang salah dari buku ini
    saya sendiri belum membaca bukunya..
    tapi saya kagum dengan sikap tegas Menkes.. entah kenapa presiden pemerintah kita terlalu tunduk dengan pihak asing. Seperti dalam penanaman modal asing di Indonesia, negara kita sangat lemah dalam negosiasi pembagian keuntungan, dll sehingga pihak asing lah yang leluasa mengeruk kekayaan alam indonesia

  2. Salut buat Bu Menteri… Terus ada info ga gimana akhirnya kebijakan sharing virus itu?? Soalnya tanpa sampel, penelitian juga tidak bisa berkembang..

  3. @Binchoutan
    Menurut penuturan Beliau -Menkes-, Presiden mendukung sepenuhnya buku ini. Tetapi pemberitaan media tidak seimbang sehingga muncul opini bahwa presiden menruruh untuk menarik peredaran buku ini.

    @Ady
    Lab.Balitbangkes sebenarnya sudah cukup untuk menentukan diagnosis H5N1, pemberitaan media yang men’standar’kan penelitian di WHO Hongkong ternyata tidak jauh berbeda kalau hanya sekedar diagnosa. Untuk pengembangan vaksin, Pemerintah memiliki BIOFARMA sebagai produsen vaksin negara.

  4. Hmm..Tulisan opini yang emosional dan terlalu memihak, mungkin karena bukunya emosional juga…Tapi yang penting orisinal. Tetap semangat menulis bro =)

    Salam kenal juga dari author http://www.myhealing.wordpress.com. Setelah baca-baca, blog kita ternyata satu visi : blognya mahasiswa kedokteran yang suka menulis dan berbagi info dunia kedokteran. Saya link ya…

    ~teman sejawat

  5. itulah indonesia,tp aq salut nich ama bu menkes,meskipun ada beberapa keputusan2 yang terdahulu yang kontroversial,mslh who,perasaan selama aq baca koran,tidak ada koran yang mengekspos tentang h5n1,aq baru tau stlh baca bukunya,bagus jug,lumayn memberi semangat,btw kyknya bu menkes fan beratnya bung karno,mudh2an pemikirannya seperti bung karno sehingga indonesia bisa menuju sehat 2010 seperti yang sudah dicanangkan

  6. Intinya saya mendukung kebijakan yang bisa membuat harga sembako murah, biaya pendidikan murah, dan Biaya kesehatan murah. Tentu dengan berbagai pertimbangan dan yang bijak.

  7. bbrp mgg lalu metrotv pnh mnayangkan ttg hal ini. setahu saya yg ditarik adalah yg Versi bhs inggris nya. krn ada slh edit kata y notabene kata yg slh edit itu bikin muntab ptinggi who.
    salut aj deh bwt bu menkes. o ya klian blm tau kn. bu menkes yg 1 ini mau lho bls sms kita klo ada hal yg penting.. jd bwt tmn2 ptt klo gaji g’ turun2 lgs aj sms bliau, biasanya dlm 24jam dibls kq. tuh tambah salut kn

  8. @Sofie
    SETUJU!!

    @Arul
    Gak jadi..yang Indo Laris..Yang english diborong ‘Oknum’ yangkebakaran jenggot

    @Prima Almarizzni
    Hm..y gitu deh..thanks kritiknya..nytar saya link

    @putu
    He’eh Bli..

    @Hanif
    Masalah Indonesia nggak sesimpel ambisi anda..Make Sense lah..jangan sembunyi dibalik idealisme..

    @Zakky
    Asyik dong?? Bu Menkes punya Account MIG33 juga nggak? siapa tau bisa chatting di room..he.he..

  9. buku bagusss bgt !
    kenapa musti ditarik dari peredaran?? apa presiden SBY takut, thdp dunia internasional ?????
    padahal didalam buku ini terdapat banyak sekali nilai nilai juang yang terkandung di dalam buku iniiiii.
    jd buku ini mempunyai bnyak manfaatnya,terutama untuk orang2 yg terjun di dunia politik, dan PEMERINTAH !!!!
    =)

  10. ironis, di satu sisi kita begitu gagah menentang who di forum internasional. tapi di sisi lain, kita tidak berdaya dalam menangani kasus flu burung di negeri sendiri. bahkan indonesia adalah negara dengan jumlah kematian terbesar akibat flu burung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s