Kedokteran Informatika · Kedokteran Motivasi · Persona

Oleh-oleh dari STROMA..(1)

Untuk kesekian kalinya SiberMedik bertandang lagi ke Ibukota. Tujuan Si Bolang kali ini untuk mengikuti Seminar & Workshop Nasional MEDICAL EDUCATION TECHNOLOGY di FK Atmajaya. Tujuan lainnya, sekalian diajak Cak Moki Kopdar bareng Pak Anis Fuad, dr.Dani & dr. Erik, itung-itung ketemu Pioneer Med Blogger he5x..

:::DAPAT APA AJA:::

Kalau dirunut dari awal rasanya nggak seru, coz Cak Moki & dr.Erik Tapan dah posting duluan…So, SiberMedik cerita mundur dari WORKSHOP dulu OK!

I. WORKSHOP (02-03-2008.13:30)

Lagi training…Asyik lho..Workshop Medical Video Editing yang diadakan STROMA menurut penulis sangat bermanfaat bagi kalangan tenaga medis. Sederhana tetapi profesional, itulah kesan penulis tentang Software iMovie.

iMovie merupakan salah satu aplikasi video editing dalam OS (Operating System) MAC yang sangat mudah dan sederhana. Saat mencoba menjalankan iMovie penulis teringat Adobe Premiere dan beberapa aplikasi video Editing di Windows, seketika membandingkan perbedaan yang amat jauh antara Windows & Apple, lebih User Friendly Mac ya? *Liat Aja Iklannya*

*versi iklan komplit*

A. FYI: PODCASTING??Makanan Apa Ini?

map podcast

Pada awal workshop, trainer menjelaskan tentang PodCasting sebagai sarana M-Learning (Mobile Learning). Istilah PodCasting kalau versi Apple adalah paduan antara pengguna iPod & Broadcasting. Tetapi, aslinya PodCasting artinya Portable On Demand Broadcasting, dengan kata lain adalah suatu teknologi siaran praktis yang sesuai dengan keinginan.

Digagas pertama kali oleh seorang DJ (disc Jockey) sebuah radio yang mendambakan bisa mendengarkan siaran radio tanpa harus membawa radio. *emang bisa?* Dari ide itu maka menjamurlah siaran radio di Internet.

B. APA GUNANYA BUAT DUNIA KEDOKTERAN??

contoh podcastingPendidikan dokter berkelanjutan merupakan isue yang menarik selama seminar, selain penggunaan WEB 2.0, PodCasting merupakan salah satu media belajar bagi mahasiswa FK, Ko-Ass, dokter, Residen, hingga Profesor. Bayangkan saja, dimanapun dan kapanpun TS dapat menerima informasi dan belajar tentang perkembangan kedokteran tanpa harus beranjak dari tempat anda mulai dari e-book hingga video. Ini sekaligus membuka jalan penerapan Telemedicine.

C. BAGAIMANA MEMBUAT PODCASTING?

ala apple podcast

Kalau mengikuti versi Apple, untuk PodCasting anda memerlukan iPod yang memiliki menu iTunes didalamnya. Ini berarti anda diharuskan mengeluarkan biaya untuk membeli Gadget ini.Pada prinsipnya iPod menjadi Receiver data informasi yang anda inginkan dengan perantara iTunes yang terhubung dengan server data.

D. PODCASTING aLa SiberMedik.

Sebenarnya sebagai tenaga medis yang kita butuhkan adalah piranti dan data untuk belajar menambah pengetahuan kedokteran. Jadi mari manfaatkan Ponsel Anda untuk membuat “PodCasting2”-an..dalam hal ini membuat video pembelajaran.

Spesifikasi Ponsel:

  1. Ponsel berwarna (min 65k warna).
  2. Akses GPRS (3G lebih baik).
  3. Ada fitur Video Player (*.3gp,etc)
  4. Basis Symbian,Java, atau Windows Mobile.
  5. Bluetooth, irDa, Memory Slot External min 256MB.

Spesifikasi PC/Laptop:

  1. Yang penting bisa muter film format apapun (ya Celeron minimal).
  2. Instal software .3GP convertor

Caranya:

  1. Convert video tutorial kedokteran yang anda punya ke format .3GP
  2. Transfer langsung ke HP.
  3. Atau jika ingin dipakai orang banyak, upload aja ke situs penyedia layanan simpan data (gudang upload, rapidshare,etc).
  4. Nah sekarang anda bisa belajar dimana saja & kapan saja..(maaf terlalu simple, ntar deh nyusul tutorial versi presentasinya).

12 thoughts on “Oleh-oleh dari STROMA..(1)

  1. lbh seru lg, kalo bs diedit bareng2..open-openan pokoknya🙂

    ya rekam suara/gambar/foto/video pake hp/PDA yg memadai sebenernya cukup..kl yg di atas kan pesen sponsor..🙂

  2. apalagi kalo editingnya pake Kino yah… kan gratis dan kita-kita yang kaum duafa ini bisa ikutan bikin… kalo pake punyanya imovie mac kan bayar tuh…

  3. @ Dani, Sibermedik
    Wah mungkin kita masih kesulitan untuk open-openan mas tapi kalo video open-openan yang benar open/polos itu banyak🙂, belum lagi budayanya masih banyak download daripada upload🙂. Tapi ada informasi menarik dari Mas Elyas katanya kepada saya ” waktu dekat saya coba buat website khusus video dan animasi kedokoteran dah jadi 80% insya allah 2 minggu lagi lounching” nah kita tunggu nih, barangkali nanti mas Dani, mas sibermedik dan saya bisa upload video ksana

  4. saya juga belajar banyak dari posting IT begini, soalnya saya juga rada katrok masalah IT terkini.. hehehe
    cuman bisa memanfaatkan doang nih🙂

  5. @boyke
    kino-nya linux y?ntar saya coba gogling..
    @zulharman.
    yup saya tunggu dok..
    @arul
    y bgnilah contoh ‘teladan’ kopdar yg brmanfaat..g skedar ngobrol2 ngalor ngdul d warung..harus menghasilkan suatu gagasan inovatif.

  6. wah cerita tentang seminar yang menarik ….podcasting-nya perlu saya pelajari ……salah sartu proses pengembangan diri adalah via keaktifan hadiri seminar…….good

  7. banyak pilihan koq untuk video editing gratisan, udah pernah nyoba tapi trus agak bosen … sekarang kayaknya semangat lagi deh.
    Kapan UNS ngadaken workshop multimedia? trus peserta dikasih gratis sebuah HP yang golongan smart😀
    Tak tunggu hasil video nya ya…terutama untuk ketrampilan teknis medis dasar, seperti nyunat, Rossen Plasty…dll …VT juga boleh😛

  8. @sjafrie
    makasih Prof,iya mencari nilai lebih sebagai kompensasi ilmu yang kurang.

    @maryam
    makaci

    @binchoutan
    ntar deh sibermedik buatin i-Doctor,ntar bsa konsul via webcam i-Sight *nghayal mode on*

    @cak moki
    Wah saya bukan PAKDE(baPAK DEkan)..apalagi SiberMedik gak ada tampang CUMLAUDE..he5x :p, jadi g da pengaruhnya menyarankan hal2 macam ini kalau hanya dilihat setengah mata..ora digagas..maklum mahasiswa tipe IV..delayed type.

  9. I’m a mac…

    Sangat ngebantu banget buat belajar di FK. Jarang banget men turn off komputer, tinggal tutup laptop dan langsung mode sleep, harddisk langsung mati.. begitu dibuka woala… langsung siap kerja..

    Kayaknya kesan mahal itu udah bukan jamannya lagi. Macbook aja seharga 10an juta sekarang. Ada beberapa PC yang harganya lebih dari itu kan ?

    Untuk organize file-file kuliah lebih mudah.. really love it…
    Hehehe, bukan pesen sponsor ya…

    Sukses buat sibermedik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s