Kedokteran Motivasi · Persona

2 weeks after 4 stages

2 minggu libur posting(2-16des07)..maklum sedang masuk Co-Muda (Co-Ass yunior..alias orientasi sebelum masuk Co-Ass) di RSDM. Melewati 4 stase selama 2 minggu merupakan pengalaman yang tak kan terlupakan. Agak minder juga sih saat ngeliat rekan-rekan seangkatan dah jadi Co-Ass, but life must go on, hanya masalah waktu. SEMANGAT!!

Gara-gara status ku sebagai cowok angkatan paling tua di kelompok, dijadiin Chief kelompok deh ama mereka.

TASK: DAPAT SURAT PUAS DARI TIAP SMF SEBAGAI SYARAT MASUK CO-ASS.

STAGE I   ::PEDIATRI::

Karena Anak Bukan Miniatur Orang Dewasa

3 Hari pertama masuk SMF Pediatri, nyari dosen pembimbing di ruang KBRT (Kamar Bayi Resiko Tinggi) malah terpana dengan ratusan inkubator yang berisi calon-calon insan penoreh sejarah peradaban. Jadi plesbek inget Bunda SiberMedik, “..Dulu aku pernah sekecil itu dirawat Bunda..sekarang dah dewasa..makasih Bunda atas kasih sayang”…Hiks..

Back to Task..Sekelompok dapet tugas mbuat Status Pasien DHF yang ada di Bangsal ***. Btw, kebetulan dapet pembimbing yang enak, dijelasin sampai mudheng, diajari physical exam ala Pediatri, dan yang terpenting gampang dapat SURAT PUAS.

STAGE II  ::OBSGYN::

Be Gentle & Smooth…..Karena Wanita Ingin di Mengerti *Halah*

Stage paling banyak mengeluarkan Energi & Pikiran..gimana nggak??!! Sebelum masuk aja ada PreTes..lalu bagi jadwal jaga bareng Residen…mulai shift 07.00-14.00, 14.00-21.00, & 21.00-07.00. Menunggu ‘rejeki’ bisa ngeliat partus normal merupakan harapan tiap kelompok kalau masuk stase ini. Sebelum Pretest dah diceramahin dulu ama Kepala SMF “..di Obgyn itu setiap saat diagnosa pasien bisa berubah..”

1st day SiberMedik & sebagian team dah dapet shift 21.00-07.00-14.00..artinya..nggak tidur coy!! Mondar-mandir IGD-Bangsal-VK semaleman akhirnya ketiduran dikamar Co-Ass…

Di Sinilah SiberMedik 1st time ngeliat pasien di ICU Pass Away di depan mata…seorang pasien Post SC dengan PEB dan riwayat komplikasi masuk ke ICU karena tiba-tiba tensi Drop, Saturasi O2 turun..Tim ICU dah ngelakuin RJPO selama +-30mnt..dan Keluarga pasien pun dihampiri Residen, “Pak..kami sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk Ibu, tapi Allah Swt berkehendak lain, harap tabah ya Pak, mungkin ini yang terbaik bagi Ibu..”

 

Terlintas dalam pikiran “Seperti inikah apa yang akan saya hadapi nanti?Menghadapi batas antara Kelahiran kehidupan baru dan kematian dalam satu waktu?”

Dapet knowledge apa aja? ngeliat proses macem-macem teknik KURET…(Causa Abortus inKomplet, Placenta tertinggal, hingga Biopsi Dx-Tx suspek Ca Cervix.)..diajari mbaca hasil USG (Causa suspek tumor,etc)…di Poli Obgyn ngeliat inspeksi jahitan Post SC (sambil WiFi-an pake N95 teman he..he..)…yang penting diakhir tugas..dapet juga ngeliat proses partus normal. Abis Post Tes + ngumpulin status..dapet SURAT PUAS!!

“Temannya Merica….Cabe Deh!, 10 x 10…..Cepe’ deh!, Ketuban Pecah Dini….. KPD (baca: Ka-Pe-De….Capek Deh!!!)”

STAGE III ::INTERNA::

Teliti Sebelum Terapi

Stage yang Super Sibuk…lha wong nyari dosen pembimbing aja sampai nunggu lama bgt. Pasien di Poli Interna kalo dilihat on the spot adalah yang paling banyak.yang

Lots story how to examine the patient……

Banyak ilmu yang belum dimiliki SiberMedik di Stage ini saking banyaknya.

Dapet Surat Puas abis mbuat status pasien CHF.

STAGE IV  ::BEDAH::

Its Better To Look And See Than To Wait And See

 Hiks…..

Menyedihkan…belum dapet surat puas

8 thoughts on “2 weeks after 4 stages

  1. saya berikan surat puas..krn dah berbagi cerita..๐Ÿ™‚
    kok ya masi sempat nyeritain di blog..jgn kapok2 deh..
    akan jd kenangan indah deh nantinya..ya koass-nya..ya ngeblognya..๐Ÿ˜€

  2. Wah mantap learning journal-nya. Kalau bisa untuk learning journal koas selanjutnya juga di bukukan juga di wordpress ya.

    Surat puas kan sebenarnya untuk institusi, menurut mas sibermedik udah puas ngak dengan penerapan co-muda ini? Kira-kira hambatan dalam co-muda ini apa yang paling menghambat dalam proses pembelajaran?

  3. @dani iswara
    Puas..puas..puas..tak sobek-sobek nanti *tukul*

    Ya ntar klo dah masuk koas mbuat jurnal djadiin buku kayak LASKAR PELANGI-Andrea Hirata..

    “Laskar Bakti Husada”..halah…

    @Zulharman
    Ya gimana dok..to good to be true klo mau yg ideal..
    dah bisa ngeliat proses+terapi suatu kasus aja kami dah puas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s