Kedokteran Informatika

Si Bolang ke Kota: Seminar Medical Informatics

 

Sabtu, 3 November 2007 kemarin, Si Bolang SiberMedik berangkat ke IbuKota Kota Depok untuk mengikuti International Seminar: THE ROLE OF MEDICAL INFORMATICS IN HEALTHCARE AND CURRENT MEDICAL TECHNOLOGY di Main Hall-Univ.Gunadarma.

Acara yang mungkin “luar biasa” bagi wong ndeso macam SiberMedik, bagaimana tidak? Seminar ini di-relay dengan teleconfrence ke Universitas Brawijaya-Malang sehingga audiens di Malang dapat berinterkasi dengan pembicara & peserta di DEPOK, keren nggak sih???

E-HEALTH

Sambutan dari Bu Menkes (perwakilannya sih?) & DEPKOMINFO (Wakil juga…cape deh!!) sudah menjelaskan tentang perkembangan proyek telemedicine (kedokteran jarak jauh) & distance learning(belajar jarak jauh) dengan sistem wide area network bagi para tenaga medis. Cita-cita pemerintah untuk membuat SIKNAS (Sistem Informasi Kesehatan) secara On-Line sepertinya memang bukan main-main, terbukti dengan 7 Flagship Program Pembangunan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) yang meliputi:

  1. e-Procurent & e-Service.
  2. National Single Window.
  3. Nomor Induk Nasional.
  4. e-Anggaran.
  5. e-Education.
  6. Palapa Ring Project.
  7. Penyediaan Software Legal.

Sistem E-HEALTH Indonesia dengan jargon “Layanan Informasi Kesehatan berbasis Web” saat ini  telah ditempatkan di 63 Lokasi Kantor Pos di Kab/Kota dengan target tahun 2008 menambah 50 lokasi baru hingga 2009 dengan target seluruh kota dan kabupaten. (Masalahnya, apa SDM nya mampu menggunakan Telemedicine?).

E-HEALTH di ASIA PASIFIC.

Dibandingkan dengan negara-negara Asia Pasifik, Indonesia sepertinya “terlambat”. Keanekaragaman wilayah di asia pasifik.berdasarkan geografi,Sosial ekonomi, kebudayaan, dan politik seharusnya bisa sebagai pemicu semangat untuk maju bagi kita.Mari kita bandingkan beberapa negara:

  1. India: 2005 merencanakan meluncurkan Satelite untul proyek Telemedicine.
  2. Bhutan, Vietnam, & Thailand : mengembangkan ITU (International Telecomunication Union) untuk konsultasi, teleradiologi, dan surveilans.
  3. Jepang: Leader dari Telemedicine di asia pasific ini telah menyelenggarakan 130 teleconfrence/tahun dengan peserta 16000 orang di bidang kanker. (data image transfer rate hingga 4Mega Pixels.
  4. China: Golden Health Project yang dimulai sejak 1993 ini telah memasuki fase ke-4 telah menghasilkan China Golden Health Network yang menghubungkan 30 rumah sakit dan lebih dari 3000 dokter ahli.
  5. Hongkong: Clinical Management System sejak 1995.
  6. Malaysia: Malaysia Telemedicine Flagship Project.
  7. Taiwan: Taiwan Healthcare IC Card Project.
  8. Singapore: iN 2005 10 years masterplan.

Selengkapnya makalah & ulasan bisa di akses di blog dr.erik tapan & download makaalahnya disini.

–fin–

6 thoughts on “Si Bolang ke Kota: Seminar Medical Informatics

  1. Ya emang di Indonesia semua lambat, uang askeskin aja lambat sampe hampir setahun. Kalo di daerah kayaknya masih jauh dari teknologi gitu. Urusannya masih menjaga agar persediaan obat tetep lancar. Orang pusat selalu think locally act globally. Dikira semua daerah di Indonesia kayak Jakarta, termasuk kebutuhannya. Didaerah butuh obat yang lengkap, belum butuh tele conference. Maaf jadi posting disiniđŸ™‚Anyway infonya bagus kok

  2. @dokterearekcilik & sofia
    Depkominfo tengah mengerjakan proyek PALAPA RING PROJECT, yaitu pemasangan kabel fiber optik keseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan arus komunikasi& informasi antar wilayah dapat Real Time & update sehingga tidak ada wilayah perifer satupun yang akan jadi wilayah “primitif”
    .
    Justru yang jadi masalah adalah, apakah SDM kita siap? tidak usah menunggu “biaya training SDM” untuk menggunakan teknnologi tersebut..jadi:
    1.Mulai dari yang kecil..kita harus tahu.
    2.Mulai dari diri sendiri..kita belajar.
    3.Mulai dari SAAT INI…kita mencoba.

  3. setuju banget ma tu project paling tidak ada keinginan bagi bangsa ini buat maju..asal semua infrastruktur dan masyarakatnya siap..bolang maen ke mana aja selaen ke conference itu?sdh nyoba transjakarta?

  4. @Noegraha afandie
    ke ATRIUM SENEN naek TRANSJAKRTA (Bas Wae-Busway)…yoo luwih cepet…2 jm ngadeg(berdiri), mbwa laptop…pegel…tapi yo murh Rp.3500 sekli jalan…antrine iku lhoi!!! kesueeennn!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s