Kedokteran Jiwa

Psikopat Di Sekitar Kita

POSTUR tubuhnya tinggi besar dan atletis. Wajahnya ganteng. Kepercayaan dirinya begitu besar. Pemegang sabuk hitam salah satu aliran bela diri ini juga tak merasa takut dan ragu untuk bertindak. Dialah MG, seorang polisi berpangkat inspektur satu di Kepolisian Daerah (Polda) Jambi.


Prestasi MG tergolong bagus. Pria kelahiran Medan, 1966, ini masuk dinas kepolisian di Polda Sumatera Utara pada 1986. Setahun kemudian, ia ditempatkan di Kepolisian Kota Besar Medan.
Setelah menjalani mutasi di berbagai tempat, ia dilantik menjadi Kepala Urusan Sabhara Kepolisian Resor Kerinci, Jambi, 1999. Setelah itu, sejumlah kepala satuan di beberapa satuan di Polda Jambi pernah disandangnya hingga 2004.


Tapi tak sedikit pun orang percaya bahwa MG menjadi tersangka kasus pembunuhan sedikitnya tujuh korban. Semua korbannya dihabisi secara sadis dalam rentang waktu berbeda. Ditembak dan sebagian di antaranya dibakar. Seluruh identitas korban dilenyapkan.
MG tergolong rapi dalam merencanakan dan merahasiakan kejahatannya yang digarap sejak 2002.


Petualangannya berakhir setelah mayat MT ditemukan pada Maret tahun lalu. Sudah dua tahun jasad salah satu istri MG itu terkubur. Orangtua MT percaya pada omongan MG bahwa MT tengah ikut kursus kecantikan di Jakarta.
Berkat temuan mayat itu, terungkaplah nasib para korban pembunuh berseri yang kini tengah menanti vonis hakim itu.

Ilustrasi diatas merupakan kisah nyata salah satu pengidap psikopati. Menurut pengamatan psikolog dari Universitas Indonesia, Sartono Mukadis, “Saya menilainya sebagai orang awam yang mengerti psikologi,” ujarnya. Menurut Sartono, perilaku MG cocok dengan 20 kriteria psikopat yang disusun ahli psikopati dunia, Robert D. Hare. (1)

 Istilah psiko (psycho) atau psiki (psyche) berasal dari Yunani yang berarti jiwa. Psikopatologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang kelainan atau gangguan emosi dan perilaku. Dalam psikiatri, psikopat atau sosiopat ataugangguan karakter cukup sulit menerima terapi. Sebelum jauh membahas Psikopat, ada baiknya kita tinjau sejenak, apa itu psikopat? Apa penyebabnya(Etiologi)? Bagaimana mendeteksinya? Dan bisakah disembuhkan? (2)

Apa itu Psikopat ?

 Psikopat adalah suatu gejala kelainan kepribadian yang sejak dulu dianggap berbahaya dan prof Robert haremengganggu masyarakat. Dr. Hervey Cleckley, psikiater yang dianggap salah satu peneliti perintis tentang Psikopat, menulis dalam bukunya “The Mask of Sanity” (1947, dalam Hare, 1993), menggambarkan Psikopat sebagai pribadi yang “likeable, charming, intelligent, alert, impressive, confidence-inspiring, an a great success with the ladies”, tetapi sekaligus juga “irresponsible, self destructive, and the like”. Demikian pula Dr. Robert Hare, dalam bukunya “Without Conscience: The disturbing world of the Psychopaths among us“ (1993) masih bergelut dengan isu yang sama, yaitu kepribadian psikopat yang nampaknya baik hati, tetapi sangat merugikan masyarakat. (3)

Namun perlu dicatat, bahwa istilah Psikopat, yang sejak 1952 diganti dengan Sosiopat dan dalam DSM II 1968 resmi dinamakan Sosiopat (Ramsland, tanpa tahun) itu, justru tidak bisa ditemukan dalam DSM IV. Yang ada dalam manual baku yang digunakan oleh para psikitaer di seluruh Amerika Serikat (dan diacu juga oleh para psikolog klinis dan psikiater dan psikolog di Indonesia) itu adalah 10 jenis Kelainan Kepribadian (Personality Disorders) (American Psychiatric Association, 1994: 629). (3)

  Seorang psikopat dapat melakukan apa saja yang diinginkan dan yakin bahwa yang dilakukannya itu benar. Sifatnya yang pembohong, manipulatif, tanpa rasa kasihan atau rasa bersalah setelah menyakiti orang lain, tanpa ekspresi, sulit berempati dengan orang lain dan mudah mengancam siapa saja, bahkan kadang-kadang ia dapat bertindak kejam tanpa pandang bulu. Pembicaraan mengenai dirinya sangat melambung tinggi dan melihat kelemahan dirinya ada pada orang lain dan tidak peduli terhadap siapapun. (2)

Di Amerika Serikat, Psikopat cukup banyak. Di Indonesia data pastinya memang belum ada. Dra. Tieneke Syaraswati, DNS, Ed, M.Fil, A.And dari FKUI mensinyalir jumlahnya pasti banyak. (4)

Apa penyebabnya (etiologi) ?

Sama seperti definisi dan ruang lingkup, tidak berbicara jelas tentang faktor-faktor penyebab kelainan kepribadian yang bernama psikopat ini. Sampai saat ini, banyak penelitian yang mendukung berbagai aspek penyebab kelainan ini antara lain (3) :

1. Kelainan di otak.

Hubungan antara gejala Psikopat dengan kelainan sistem serotonin, kelainan struktural (“…decreased prefrontal grey matter, decreased posterior hippocampal volume and increased callosal white matter) dan kelainan fungsional (… dysfunction of particular frontal and temporal lobe) otak. (Pridmore, Chambers & McArthur 2005).

2. Lingkungan.

Mereka yang berkepribadian psikopat memiliki latar belakang masa kecil yang tidak memberi peluang untuk perkembangan emosinya secara optimal. (Kirkman, 2002).

3. Kepribadian sendiri.

Adanya korelasi antara perilaku orang-orang dengan sindrom psikopat, dengan skor yang tinggi dalam tes kepribadian Revised NEO Personality Inventory (NEO-P-I-R,1992). (Miller & Lynam, 2003)

Selain beberapa penelitian diatas masih banyak lagi penelitian tentang etiologi psikopat. Sebagian besar psikolog dan psikiater masih berpegang pada faktor lingkungan dalam timbulnya kepribadian psikopat ini.

Bagaimana mendeteksinya ?

Kesulitan metodologis dalam penelitian tentang Psikopat, terutama datang dari terbatasnya kasus yang tersedia. Karena itu beberapa penelitian hanya didasarkan pada satu kasus saja (Hare, 1993; Litman, 2004; Bauchard, 2002). Beberapa penelitian lain terbatas pada sampel tertentu yang bias, seperti Narapidana, hanya bisa dilakukan terhadap topik-topik yang lebih umum dan bisa menggunakan responden umum seperti studi komparatif (N orang dengan indikasi Psikopat berdasarkan DSM IV = 89, N kontrol = 20) (Dolan & Fullam, 2004), atau studi simulasi (N mahasiswa S1 = 174) (Guy & Edens,2003).(3)

 Walaupun tidak dapat menentukan penyebabnya, saat ini terdapat alat yang baik untuk mendiferensiasi antara orang-orang dengan gejala psikopat dengan yang tidak, yaitu Psychopath Check List – Revised (PCL-R) yang dikembangkan oleh Prof.Robert Hare yang terdiri atas 20 kuesioner yang memiliki skor 0-2 di setiap pertanyaan. Sedikit kutipan dari 20 pertanyaan dalam PCL-R tentang ciri-ciri psikopat, sebagai berikut (5) :

  1. Persuasif dan memesona di permukaan.
  2. Menghargai diri yang berlebihan.
  3. Butuh stimulasi atau gampang bosan.
  4. Pembohong yang patologis.
  5. Menipu dan manipulatif.
  6. Kurang rasa bersalah dan berdosa.
  7. Emosi dangkal.
  8. Kasar dan kurang empati.
  9. Hidup seperti parasit.
  10. Buruknya pengendalian perilaku.
  11. Longgarnya perilaku seksual
  12. Masalah perilaku dini (sebelum usia 13 tahun).
  13. Tidak punya tujuan jangka panjang yang realistis.
  14. Impulsif.
  15. Tidak bertanggung jawab atas kewajiban.
  16. Tidak bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
  17. Pernikahan jangka pendek yang berulang.
  18. Kenakalan remaja.
  19. Melanggar norma.
  20. Keragaman kriminal.

Indonesia saat ini menggunakan Tes Minessota Multiphasic Personality Inventory-2 (MMPI-2) untuk mendeteksi kepribadian psikopat ini yang didalamnya terdapat skala klinis, Skala isi, dan Skala penunjang. Pada awalnya tes MMPI-2 digunakan dalam pelayanan kesehatan jiwa, kemudian meluas ke kalangan militer dan pemerintahan sebagai bagian dari seleksi dan rekruitmen calon pegawai, pejabat (Legislatif & Eksekutif), termasuk calon presiden dan wakilnya. (6)

Alat ukur lain yang digunakan berdasarkan teori yang sudah eksis (metode deduksi) adalah Primitive Defense Guide (Helfgott, 2004), Rorschach (Cunliffe & Gacono, 2005), ToM (Theory of Mind) (Dolan & Fullam, 2004; Ritchell, et al. 2003), SCT (Sentence Completion Test) (Endres, 2004), dan NEO PIR (Miller & Lynam, 2003). (3)

Bisakah disembuhkan ?

Sebagai kelainan kepribadian yang belum bisa dipastikan penyebabnya, Psikopat belum bisa dipastikan bisa disembuhkan atau tidak. Perawatan terhadap penderita psikopat menurut pengamatan Hare, bukan saja tidak menyembuhkan, melainkan justru menambah parah gejalanya, karena psikopat yang bersangkutan bisa semakin canggih dalam memanipulasi perilakunya yang merugikan orang lain..Beberapa hal, kata Hare akan membaik sendiri dengan bertambahnya usia, misalnya energi yang tidak sebesar waktu muda.

Menurut Tieneke, perilaku psikopatik biasanya muncul dan berkembang pada masa dewasa, mencapai puncak di usia 40 tahun-an, mengalami fase plateau sekitar usia 50 tahun-an lantas perlahan memudar. “ Psikopat juga bisa disebabkan kesalahan pola asuh.” Tambahnya. Saran Tieneke, “Waspadai anak yang pemarah, suka berkelahi dan melawan, melanggar aturan merusak, dan bengis terhadap hewan serta anak yang lebih kecil”.

Di sisi lain, Kirkman (2002) yang percaya bahwa psikopat terbentuk karena salah asuh pada masa kecil, berpendapat bahwa Psikopat bisa dicegah sedini mungkin dengan memberikan asuhan yang tepat sehingga meminimalkan resiko individu kekurangan afeksi pada masa kecilnya.

Indikasi KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dapat disebabkan karena kepribadian Psikopat ternyata mungkin. Menurut Dr. Husein Anuz Sp.KJ, “Ayah yang Psikopat cenderung memberikan anak yang psikopat juga.”. Ini menunjukkan besarnya peran faktor lingkungan. Biasanya Anak akan meniru apa yang dilakukan Orang Tua nya, jadi tidak heran kasus KDRT rata-rata disebabkan karena apa yang mereka perbuat kepada keluarganya saat ini seperti apa yang orang tua mereka dulu perbuat terhadap keluarganya. (7)

Di beberapa negara timbul reaksi di masyarakat akibat ketidaktahuan tentang penyembuhan psikopat. Masyarakat mencoba melindungi diri melalui Undang-Undang. Di Belanda, UU Anti Psikopat diluncurkan dua kali (Abad XX dan di tahun 2002). Demikian pula di AS, hukum anti psikopat dimulai tahu 1930-an yang ditujukan pada Sex Offenders. (Granlund, 2005; Quinn, Forsyth & Mullen-Quinn, 2004).

Yang terpenting adalah penanganan korban psikopat. Penanganan korban psikopat seringkali harus mengalami proses penyembuhan yang panjang dan sulit. Umumnya mereka jatuh dalam trauma yang mendalam. Jadi, tak perlu membuang waktu untuk mengubah Psikopat.

* (penggalih)

Daftar Rujukan:

Aries Kelana. Orang Gila Tanpa Gangguan Mental .Available from: URL: http://www.gatra.com/2006-01 30/versi_cetak.php?id=91810.

Oebit, Tjut Meura salma, dr.Sp.Kj. Mengapa Seseorang menjadi Psikopat.Proceeding Seminar Nasional Psikopat : 2006 Jan 21-22, Jakarta-Indonesia; 2006.

Sarwono, Sarlito Wirawan,Prof. Dr.; Antara Psikopat Dan Sosiopat: Kajian Dalam Jurnal-Jurnal Barat. Proceeding Seminar Nasional Psikopat : 2006 Jan 21-22, Jakarta-Indonesia; 2006.

Tutut, Lestari, Yadi; Psikopat Monster Berwajah Malaikat. Majalah Kesehatan Keluarga DOKTER KITA 2006 Jan- Ed1. 2006.

Tutut, Lestari, Yadi; Ciri Psikopat. Majalah Kesehatan Keluarga DOKTER KITA 2006 Jan- Ed1. 2006.

Maslim, Rusdi, dr.Sp.KJ. Deteksi Psikopat dengan Tes MMPI-Indonesia .Proceeding Seminar Nasional Psikopat : 2006 Jan 21-22, Jakarta-Indonesia; 2006.

Anuz, Husein, dr.Sp.KJ. Psikopat Dalam Keluarga.Proceeding Seminar Nasional Psikopat : 2006 Jan 21-22, Jakarta-Indonesia; 2006.

—————————

76 thoughts on “Psikopat Di Sekitar Kita

  1. BUM..BUM……DUARRRRRRRRRRRRRRRRRRR,JROT,CRASH…..CPREASH……….KEPALANYA TENTARA MUSUH DITEBAS KAMPAK ,DARAH MUNCRAT,OTAKNYA BEHABURAN.HAHAHAHHHHHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  2. @Tokoto
    Dalam penentuan jenis gangguan kejiwaan,dokter harus melakukan beberapa pemeriksaan secara langsung kpd penderita meliputi kesan umum,kesadaran kualitatf&kuantitatif,orientasi,etc (baca postingan saya AKHIRNYA DATANG JUGA).
    Dari pmeriksaan diatas baru dokter akan menggolongkannya sesuai PPDGJ-III.
    Jadi tidak semudah itu menentukan orang ‘gila’ yang anda temui adalah psikopat..

  3. apakah semua ciri2 itu harus ada pada setiap psikopat dan kalau sebagian dari ciri itu ada pada diri seseorang apakah juga dianggap psikopat, kalau saya lihat hampir setiap orang mempunyai sebagian ciri2 tersebut, seperti berbohong, hampir setiap orang 99,99% pernah berbohong dan merugikan orang lain

  4. saya punya teman yang selalu menganggap hidup itu dilakukan dengan seks, dan selalu mau di ngertiin dalam hal seks, untungnya logika saya masih berfikir, untuk menerima cintanya, karna dia seorang yang arogan,membatasi ruang gerak saya,saya gak boleh berteman,dan selalu harus muasin nafsu dia,sebenarnya dia seorang angkatan laut, tapi moralnya sangat minus.,walaupun di hati saya ada rasa cinta, tapi kekuatan logika saya untuk berfikir jernih masih kuat, saya gak hancurin hidup saya dengan cinta buta.tapi kenapa dia gak pernah mau terima penjelasan dan keputusan saya, dia selalu punya cara mendekati saya. samapi-sampai saya ketakutan sendiri. yang ingin saya tanyakan apakah dia itu termasuk OARANG PSIKOPAOT?? TOLONG DI JAWAB PERTANYAAN SAYA. Trima kasih sebelumnya. wassalam…….

  5. @Dorondo
    tdk smudah itu menentukan kasus pndrita psikopat,harus melewati test yg valid n reliabel.

    @erna
    sebaiknya anda berkonsultasi dgn psikolog/psikiater trdekat.

  6. mmm…..Tak ad yang tw apa yang akan terjadi pada qt.semua orang punya potensi untuk menjadi seorang psikopat.tinggal bagaimana kita tw bagaimana caranya bersikap dan menghadapi semua masalah yang menimpa kita.Right??

  7. saya mau cerita,mungkin agak panjang.
    saya punya pengalaman dg seseorang yg menurut saya dia mengidap psikopat.
    dari dlu msh lajang ampe sekarang saya udah nikah punya anak 1 sering diteror seorang cewek lewat sms,sebut saja namanya Y. desember 2003 awal teror muncul dg sms2 yg gak jelas, saya ditelp katanya saya mau ngrebut tunangan dia. akhirnya saya tau klo Y itu pacar tetangga saya,sebut saja namanya R. saya datangi R & ngasih tau apa yg diperbuat Y,saya difitnah.sebenarnya R sendiri yg prnh mnyatakan cinta ke saya ampe 2x namun saya tolak mentah2.entah siapa yg mengarang2 cerita akhirnya R bilang mgkn itu cuma salah paham aja krn Y cemburu sama saya. R bilang akan mnasehati Y utk tdk sms lg.
    saya pulang dg harapan mslh sdh selesai, namun stlh bbrp hari hp saya srg di miscall(mc) dg unknown number,diangkat dimatiin-begitu seterusnya,jika didiemin mc bs ampe 10x.hp dimatiin jika dihidupin langsung masuk ungknown number. saya udah brpikir org ini tdk waras krn tiap detik-menit-jam slalu berusaha mc saya.
    saya disms yg ngatain saya lonthe-perek dsb,semua nama binatang disebut.sehari bs sms 10x.
    waktu itu saya emosi,tp saya bs apa?akhirnya saya putuskan utk gnti simcard. utk bbrp bulan tdk ada teror.namun…..
    tiba2 teror sms datang. sms dr seorg cewek yg katanya cwe mantan pacar saya. saya dikata2in&diancam agar tidak mngganggu mereka. waktu itu saya sdh pnya tunangan. stlh ditelp oleh tunangan saya&saya denger suara cwe itu, saya yakin klo dia adlh Y. stlh diusut dia tau no hp saya dr tmn saya. betapa canggihnya dia mencatat semua no hp yg masuk dr saya krn dlu saya prnh bls sms dia dg no hp tmn saya.
    kejadian heboh: saya diadudomba dg R oleh Y yg akhirnya R menampar dan meludahi saya. sungguh kejadian yg tak terlupakan.keluargaku tau&mau diadukan ke polisi.namun akhirnya selesai secara kekeluargaan. saya liat tampang Y yg tdk ada rasa salah&menyesal sedikitpun.
    akhirnya saya ganti simcard lg.teror sms muncul ke hp suami krn memang tdk diganti dg alasan bisnis. teror sms juga muncul ke hp ayah saya yg terpaksa skrg gnti simcard juga. semua keluarga saya dikata-katain yg akhirnya ayah saya memutuskan hub dg kluarga R. gmn tanggepan keluarga R?mereka mati2matian membela Y,tdk percaya atas perilaku Y&balik nuduh saya klo saya yg membuat gara2. mgkn yg saya hadapi memang seorang psikopat yg didepan bak malaikat tp diblkg spt setan.
    sampe hari pun dia msh srg mc dan sms yg kadang isinya nyleneh. untung hp suami sdh anti CLIR. skrg saya udah kebal dg yg namanya teror2 sms.
    yg jd pertanyaan adlh apa motif dia melakukan ini semua?alasan Y saya ini mau ngrebut R yg katanya tunangan dia. lha wong saya ini udah punya anak satu lucu&imut2 kok. ya wis lah..namanya juga psikopat.
    sekarang, gmn cara mnghadapi psikopat?cuekin aja

    terima kasih, wassalam..
    nn

    1. Ceritany hampirr persiss dgn yg sy alamiii,,
      sy bkan dteror 10x tlpon tpi smpe 5 jam nonstop,angkat mati,bgtuuu truss,sy blokirr pke private number smpee hp sy panasss bukn mainnn,krn brgetar 5 jam nonstopp,,
      ddpn orng it bak malaikttt,tdk akn ad yg prcya dgn klkuan busukny,
      pndai mngmbil simpatii dan ntah bgmn slalu tw posisi,sy lg dgn sypa,dan kmudian mngata2i sy bak binatanggg,,,
      gilaaa sy klw sy pikirr lama2,,
      ini sy lg search yg pny mslh sMa,,,

  8. maaf ,ampe dua kali posting. saya pikir yg tadi malam tdk terkirim krn tiba2 disconnected. soalnya saya udah bener2 capek menghadapi org ini. sekedar ngeluarin uneg2 aja. mungkin ada org lain yg prnh mengalami kejadian serupa.

    timakasih, wassalam…

  9. memang psikopat tidak akan pernah puas sebelum obyeknya berantakan dan ….. mati. kalo boleh kia tengok isi hati psikopat, dia selalu berdoa semoga musuhnya mati mengenaskan.

  10. dulu mantan saya X selingkuh. setelah saya diputusin mereka sempat pacaran sebentar, sampai akhirnya kelakuan X yang bejat ketauan oleh cewe itu.
    Mereka putus dan X tak pernah menggubris keinginan cewe itu yang ingin tetap berteman.
    Akhirnya saya dan X menikah. sekarang setelah 2 tahun menikah saya masih saja terobsesi dengan cewe itu. saya mengikuti semua beritanya dan semua foto2nya. sampai saya menerornya dg tulisan2 yg menghina.
    Saya tidak akan terobsesi olehnya apabila cewek itu cantik, karena kenyataanya cewe itu samasekali tidak cantik, kurus kering, tapi centil, childish, pintar, manja dan tau gimana menarik ulur perasaan cowo.
    Saya merasa benar2 tertohok dengan kenyataan bahwa cewe ini samasekali tidak cantik.
    Saya merasa sudah benar2 dipecundangi.
    bagaimana menghilangkan obsesi terhadap cewe ini, padahal X yg sekarang sudah menjadi suami saya samasekali sudah tidak pernah peduli dg cewe itu, apalagi waktu tau cewe itu samasekali tidak cantik.
    Saya sekarang sedang hamil, mengapa saya tidak bisa menghilangkan pikiran tentang cewe itu, pdhal saya sudah punya hidup yang bahagia.
    apakah saya seorang psikopat? mengingat saya sering mencari tahu semua hal ttg cewe itu, entah tulisan2nya, foto2nya atau kesukaan2nya. padahal setelah saya tahu atau saya lihatpun cewe ini samasekali tidak menarik minat saya, malah dalam hati cewe ini sangat biasa2 saja, tidak ada yang membuat saya kagum.
    Masalahnya cuma karena dia tidak cantik tapi bisa membuat laki2 benar2 terpikat dan memujanya mati2an, padahal cowo saya dulu samasekali belum pernah melihat wajahnya.
    Apakah obsesi saya terhadapnya ini salah satu ciri saya seorang psikopat?

  11. saya punya seorang cowo,baru sih kita jadian,dia lebih muda dari saya 1 tahun,pada suatu waktu dia kadang sering memaksa saya untuk mengikuti keinginannya,,yang kayaknya dirasa aneh,contoh kecil,ganti-ganti handphone,mending kalau dia yang kasih,masak saya yang usaha sendiri,kalau tidak diikuti dia marah,,,wah aneh deh,,,ada lagi,dia pernah bilang pada saya kalau pacaran sama saya terasa hambar,masalahnya tak ada sory,,,free sex,aneh,padahal menurut saya itu wajar,karena kita belum nikah,dia seorang pendiam,pembosan,dan terlalu percaya diri,suka tantangan,,apakah dia termasuk psikopat?sedangkan dia calon suami saya…bagaimana cara mengatasi ini saya belum tahu,karena dia susah menerima pendapat orang lain,termasuk pacarnya sendiri

  12. Dear …

    mau cerita n minta pendapat juga. aku punya temen yg sifatnya agak2 mirip kyk org psikopat.dia tuh selalu memaksakan kehnedak n pendapatnya dia sendiri ga peduli apa itu salah pendapat yg dia kasih . ga pernah mau denger pandapat oranga lain pdhl benar . dia tetep kekeuh apa kiat dia bener n hrs ngikutin apa kata dia klw kita nolak dia pasti ngambek n bhkna bisa marah2 . and dia jug posessif bgt ns elalu menganggap klw ada 2 org cewek yg deket dia selalu mengasumsikan cewek itu lesbian.n sikap dia bisa gampang berubah kadangbaik bgt n tiba 2 dalm hitungan menit bisa kasar n maki2 orang klw ada yg dia ga suka dengan pndptnya.
    kira2 ciri2 org kayak gini bisa dikaregorikan PSIKOPAT juga ga ya…??
    please advise nya … Thankls

  13. saya memiliki banyak kesamaan dari ciri-ciri ataupun gejala-gejala psikopat, tetapi saya tdk pernah membunuh orang. saya hanya dendam dan meneror orang yang saya tdk inginkan keberadaannya tetapi tdk saya bunuh karena yg saya ingin orang itu merasakan kepedihan di hidupnya. apa saya mengidap psikopat ???

    1. jgn lakuin itu lg!
      st0p!
      tu mlh akan mperburuk n mperparah pnyakit psik0pat km
      hdp ni indah.
      alihkan f0kus km k hal yg lbh bguna

  14. dari yang saya dengar, lihat dan baca, psikopat dialami oleh laki2.knp demikian?.apkh tdk menutup kemungkinan wanita juga bisa demikian?trims atas jwbnnya.

  15. teman saya sekarang lagi diganggu sama orang, yang kebetulan koq mirip juga ama ciri2 psikopat. saya koq jadi kawatir ya..
    orang ini selalu sms terus dan misscall terus sepanjang hari.
    memang tidak pernah digubris dan sampai sekarang merasa terganggu. apakah perlahan2 orang tersebut akan mundur jika seperti nasihat di atas, “cuekin aja” itu?
    hal ini sudah terjalani selama hampir 2 bulan dan sekarang kira benar2 butuh solusinya. bagaimana baiknya?
    *ciri2ya seperti psikopat, tetapi cuma meneror seperti stalker*

  16. terus terang setelah mendengar di televisi tentang pembunuhan yang terjadi dimana2,yang mana pelakunya diduga memiliki kelainan jiwa atw psikopat,saya sangat tertari untuk mengetahui lebih dalam lagi ttg apa itu psikopat..selain itu,saya juga punya sebuah cerita yang dialami oleh pacar saya sendiri,beberapa bulan ini dia slalu mendapat telp dri orang yang tidak jelas identitas dirinya,awalnya dia hanya sekedar katakan sayang dan cinta.namun karena pacara saya merasa bosan,dia tidak pernah menanggapi tlp itu lagi..bbrapa wktu yang lalu,ia tidak sengaja mengangkat tlp dri laki2 yang tidak jelas itu.kaget banget dy mendengar cacian dri laki2 tersebut…krna kesal,lalu ia matikan hp nya…tetapi stelah bbrapa hari kmudian ia menoba meneror pacar saya lagi…bgtu sterusnya sampai saat ini…apakah ia tergolong psikopat?

  17. @All
    bagi yang ingin berkonsultasi masalah pribadi seperti diatas, maaf belum dapat saya jawab karena keterbatasan waktu. Lain kali ada topik khusus yang membahas tentang masalah ini.

  18. P.S.I.K.O.P.A.T
    g buruk” amat
    psikopat dibuthkn dunia
    hany buth kasiih saiiank,.
    utk dismbuhkn,.
    IQ tinggi,.siiapa yg g buth,??
    WORLD NEED US,AS PSIKOPAT,WORLD MOVER,.!!!

  19. Kemarin gua lihat tuh buku judulnya Psikopat di Dekat Anda terbitan Penerbit Kata Buku. Kayaknya masih anyar banget. Gua menarik sih, sayang pas ga bawa duit lebih. Tapi kayaknya di toko buku masih ada sekarang.

  20. semua ciri2 itu ada pada ku, cuma aku belum membunuh. aku hanya berniat akan membunuh mereka semua. jelas sudah bahwa aku psychopath. aq stuju ma brainless psikopat bhwa psikopat butuh kasih sayang.
    brainless psikopat, kenal kah qita?

  21. yang penting dimulai dari diri kita agar selalu menjaga perasaan kita dan perasaan orang lain dan setiap situasi harus kita putar balik pada diri kita dan orang lain…

    bagi korban sebaiknya kita wajib memahami agama kita dengan hati, karena tak ada sesuatu itu terjadi pada kita tanpa tujuan dan maksud yang percuma/ menyia-nyiakan kita . . .
    semua ada hikmahnya(bermakna yang luas) . . .

    walaupun ampe sekarang saya masih dihadapkan pada orang-orang normal yang sakit hatinya . . .

  22. psikopat……jiwanya sangat labil, begitu ada faktor trigger (terutama iri, kesal , uring2an, dan lain sebab) tiba2 saja seseorang yang begitu dekat denganmu, bisa berubah menjadi orang yang tidak kamu kenali, karena keberingasan dan kesadisannya.Mengerikan…..teman dekat saya sudah pernah mengalaminya, pacaran dengan orang yang menarik, pinter, lucu tapi juga ada kalanya keras dan macho dalam segala tindak tanduknya, terkadang seperti anak kecil, sangat moody……..
    Entah karena sudah jenuh bersama, atau ada faktor pemicu lainnya, tiba2 saja karena tersinggung, dia bisa mencekik dan menampar teman saya itu, mengeluarkan kata2 kasar yang selama 5 tahun bersama tidak pernah keluar dari mulutnya, wah….sungguh mengerikan mendengarnya, dan teman saya sampai saat ini belum bisa menghilangkan trauma itu, psikopat bisa jadi ada di dekat Anda, be careful girls……….

  23. Innalillahi….

    akhir2 ini saya mengalami hal sangat mengganggu….

    ada yang memfitnah saya secara berlebihan…..
    bahkan sangat tidak masuk akal….
    dia juga menghina-hina saya…hinaannya pun tidak memiliki bukti….
    selain itu dia juga mengancam akan menghancurkan hidup saya dan keluarga…..

    awalnya saya tanggapi dgn cuek..karena saya tau ini hnya fitnah…
    klaw saya balas dgn amarah,org ini akan semakin senang….
    jadi saya selalu menghapus sms dari orang ini….
    saya pikir dia akan bosan sendiri..karena saya tidak meresponnya…
    tetapi sudah setengah tahun saya di teror dgn sms…. dia semakin menggila…..

    orang ini hanya meneror dan memfitnah dengan sms…
    saat saya bertemu dgn orang ini,,,dia sangat tajam & sinis tatapnya ke saya…. saya berusaha untuk tidak menghiraukannya….
    saya tidak mw terpancing emosi…..

    mohon pecerahan..apa yang harus saya lakukan…

    Trims,

    1. saya juga mengalami hal seperti ini, bahkan sudah hampir 2 tahun lamanya saya diteror dan dihina difitnah habis2an, semakin kita marah atau merasa terganggu, dia akan semakin puas.. merasakan kepuasan dan kesenangan melihat korbannya tidak berdaya.. lebih baik kita cuekin aja, anggap tidak ada.. banyak berdoa, karena kekuatan Tuhan Maha Besar..

  24. kita tidak perlu percaya sampai 100% untuk orang lain, ingat saja orang yang sudah kita kenal masih mau untuk mencelakai kita apa lagi orang yang belum kita kenal, orang tua bilang sekejam-kejamnya harimau tidak mau makan anaknya sendiri, tapi manusia yang sudah dikaruniai akal pikiran dan menjadi hamba yang paling mulia (kalau dia mau) sekarang sudah cukup banyak yang memakan anaknya sendiri (kekerasan terhadap anak dalam berbagai bentuk)………… maka berhati-hatilah karena manusia bisa lebih kejam dari binatang.

  25. iya, aq jg liat buku psikopat dari pnerbitkata buku itu… uda baca jg, hehe.. dlmnya ada ciri2 psikopat, sebab2 napa bisa jd psiko n psikopat itu bisa sembuh ato tdk ada jg dlm buku itu…

  26. calon suami saya mempunyai mantan yang walau hanya berpacaran selama 3 bulan tetapi sangat amat terobsesi padanya.
    bahkan sudah lewat 5 tahun setelah itu “gadis” ini masih tetap mengganggu hubungan kami. (bahkan mengganggu perempuan manapun yang dekat dengan calon suami saya)
    ia selalu berusaha mencari tahu semua info tentang saya dan calon suami saya, menghubungi semua orang yang mengenal calon suami saya dan kerap melakukan tindakan teror di telp walaupun “gadis” ini sudah tinggal jauh di Amerika.
    ia tetap berusaha melakukan apapun untuk mengganggu hubungan kami.
    seperti salah satu ciri psikopat “gadis” ini Persuasif dan memesona di permukaan dan Menghargai diri yang berlebihan. sehingga tidak sedikit orang yang berhasil dihasut olehnya. dengan gaya bicaranya yang charming sulit untuk membuktikan bahwa gadis ini “sakit”…
    Pertanyaan saya bagaimana mengatasi gangguan dari wanita seperti ini?
    apakah “gadis” ini sudah dapat dikatagorikan sebagai psikopat?
    apakah mungkin “gadis” ini berhenti terobsesi?

    saya sangat butuh balasannya segera…
    terima kasih…

  27. saya punya suami yg prilakunya hampir sama dengan psikopat tapi dia rajin beribadah apakah dia bisa membunuh juga, karena saya punya kesalahan yang dia tidak bisa memaafkannya dan dia merasa dendam yang bekepanjangan… bagaimana mengobati orang yg sudah mempunyai gejala itu karena dia merasa bahwa dirinya sehat.. saya mohon balasannya agar saya dapat mengobati prilaku suami sebelum hal-hal buruk terjadi… terimakasih

  28. huaaa… saya semakin yakin!
    bener kan orang itu psikopat! menyeramkan, hampir semua ciri-ciri yang disebutkan ada pada dirinya!
    Uh.. na…
    saya kenal dengan orang psikopat, tadi pagi saja saya dikutin kemana-mana, untung saya dan teman-teman bisa melarikan diri melalui jalan pintas,
    dia ingin bicara tapi tidak saya gubris karena saya tidak ingin larut lagi dalam sandiwara gila dunianya…
    saat saya tau tentang segala “karangan”nya saya benar-benar terperangah! sudah berbulan-bulan saya dibohongi habis-habisan olehnya, dia juga memfitnah saya, memanipulasi puisi penyair-penyair ternama dan TIDAK MERASA BERSALAH SEDIKITPUN! Bahkan ketika orang-orang telah mempertanyakan fakta-falta kebohongannya! parah…

  29. iiiiiihhh,takut
    apa mungkin bisa semua orang di dunia ini kena psikopat
    soalnya kalo diliat-liat sih,sebagian dari tanda-tanda orang kena psikopat itu emang dah melakat banget dengan orang2x di sekitar kita, atau mungkin termasuk saya sendiri.
    apakah psikopat bisa dipengaruhi oleh faktor stress?
    apakah orang yang tidak punya teman lalu menarik perhatian lingkungan dengan melucu yang berlebihan dan berbohong, juga termasuk psikopat? padahal dia tidak hidup sebagai parasit dan tidak juga dingin dengan kesalahannya ?
    samakah psikopat dengan munafik ?

  30. gw jg ngalamin hal yg sm,mantan gw ner0r trus pdhl ud gnti n0.tp ttp ngancm trus. kdg dy baik tp tb”bs lbh jhat dr iblis n dy jg slalu bh0ng. n ga mrasa bsalah.
    gw tkt bgd. gw bnr”trauma. gw hrus gmana?

  31. aq pny mantan pacar
    awal pacaran sama aku
    dia baik banget
    ngertiin aku, perhatian
    pokoknya dia nunjukin kalo dia sayang sama aku
    dia juga deket banget sama keluarga aku
    kami pacaran 2 tahun lebih
    nah, lama-lama aku dia jadi sering bohong
    kalo marah suka kasar
    terus juga dia itu kayak ga bisa berenti bohong
    padahal kadang kebohongan nya itu ga penting dan udah nyata” ga bener
    dia sering bilang mau berubah
    tapi sampe sekarang masih aja suka bohong
    terus sikap nya itu bisa berubah”
    keputusannya juga bisa berubah dalam waktu yang singkat
    dia juga kayak nya hyper seks deh
    soalnya nnton “yang gituan kayak makan”
    skrang aku sama dia kan udah putus
    dia suka cerita kalo dia selingkuhin pacarnya yang sekarang cuma buat “gitu-gituan”
    dia juga pernah ngomong kalo dia punya penyakit parah
    padahal bohong
    dan yang sakit itu ternyata adik nya
    dia suka buat sesuatu biar orang merhatiin dia
    nah, kira-kira dia itu sakit jiwa ga?

  32. agak2 ingat sepertinya Tes Minessota Multiphasic Personality Inventory-2 (MMPI-2) gak hanya dilakukan kalangan sipil tapi swasta juga kayaknya dlm rekrutmen?

    Apakah begitu penting psikopat di pertimbangkan dlm kerja?

    Jika gagal terus karna tes tersebut, lalu gimana mengatasinya?

  33. saya punya tetangga yang suka menyiksa kucing. memang saya taunya dari cerita ipar dan adik saya. katanya dia pernah lihat si a sedang menusuk telinga kucing dan mengikat leher kucing di knalpot mobil. kejadian kedua, dia menjerat leher kucing sampai mati. oleh ipar saya di tegur, tapi dia bilang bahwa kucing tersebut telah mencakar burung peliharaannya. dan masih banyak bentuk penyiksaan lainnya yang saya dengar. jadi saya teringat nasib kucing saya dulu. dia pernah menderita luka serius d pipinya, hingga bengkak. saya kira terserempet motor. untungnya sembuh. beberapa bulan kemudian kucing tersebut menghilang hingga kini. saya tidak tahu apakah ada hubungannya dengan tetangga tadi. apakah dia menderita psikopat? saya jadi takut melihatnya.

  34. Tampaknya, peralihan sosial-politik memungkinkan para psikopat tumbuh dengan “subur” – terjadi sikap mempertahankan pandangan dengan cara menjebak “lawan” dan berbuat anarkis. Apakah hal itu adalah tak keliru ?

  35. siang………….

    sy chika ingin menceritakan sdkt story ttg psikopat

    memang psikopat hrs dihindari! krena perusak bg khidupaqn bg setiap kehidupan ataupun pasangan! hrs lbh waspada n berhati2!!!!!!!!

    sy punya tmn yg saat ini sdg didekati oleh wanitayg ciri2nya sm dan mirip dg psikopat!!!!!!!!!11jd org psikopat hrs diwaspadai!!!!!!!!!!!!

    SAYA SETUJU BGT TUH DIHILANGKAN PENYAKIT PSIKOPAT!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  36. Memang semua yg dijelaskan itu sangat menolong dan buat saya tak keberatan apabila kita tahu hal2 kejiwaan.Memang kalo normalnya menurut akidah Agama orang takut dosa atau menyesal bila menyakiti sesamanya….karena orang memukul sesamanya tanpa rasa bersalah maka bagaimana orang itu dibilang sehat.sangat mengerikan walau alasan untuk mendidikpun kalau memukul atau menyakiti dengan kata2pun kepada orang lain. karena semua harus dasarnya kasih sesama dan merasa bersalah atau empati itu ukuran saya.terima kasih penjelasan mengenai Psikopat sangat membantu dan hanya sebagai ilmu pengetahuan saja.

  37. Dok.. Jika pada diri kita atau keluarga ada bakat psikopat, apa yg hrs dilakukan?

    Boleh tukeran link dok? Link Anda sudah saya tempel lho..

    Salam kenal,

  38. Saya jg mw berbagi pengalaman…Saya bekerja di suatu perusahaan swasta dari thn 2006 s/d sekarang..sejak tahun 2008 saya mulai mndapat teror y isinya makian segala macam kata kata jorok yg tidak layak u di baca apalagi u dibaca..akhirnya saya putuskan utk mgganti kartu saya..dalam kurun waktu dari thn 2008 s/d 2010 sudah lbh dari 6 kali saya mgganti kartu hp saya…Hingga pd suatu hari saya terpikir bhw kmugkinan salah satu teman saya lah y meneror saya slama ini krn nomor saya saat ini mmg hanya di ketahui oleh 3org sahabat saya dan keluarga saya..mulailah say amncari info atas dirinya.usut sana usut sini tnyata dulu sblm saya jg ada bbrp temn y juga pnh diteror spt itu..Saya mulai mnjebak nya dan memperhatikan setiap ciri dari tulisan dan huruf y selalu di tujukan ke saya..ternyata mmg benar dugaan saya,ternyata mmg sahabat saya lah y meneror saya..Padahal saya slalu ceritain ttg teror ini sama dy. Pantaslah si peneror ini slalu tau ttg nmr saya,keluarga saya hingga saya bnr2 berani u/ menyebutkan inisial nama na dgn kata “sis”.mksd saya “sis” itu bisa u singkatan “SISter” atau “SISta”..tp y lbh mengagetkan tyata dy mbalas sms na dgn mngatakan klo saya tega mnuduh teman dekat saya sendiri..Gila ya..dy bs tembak langsung gt…Tidak ada reaksi apapun y ditunjukkan nya ktka btmu dgn saya…
    Dan sampai sekarang teror miscall pake privat number dan sms sms itu masih blanjut tapi saya sudah tidak mw lagi bteman dengan dy..
    Berhati hati lah karna psikopat slalu ada di dekat kita bahkan berhati hatilah dengan sahabat dan teman sendiri…

    1. saya juga mengalami hal seperti itu, persis.. hati2 berteman.. sahabat atau orang yang dekat dengan kita mungkin adalah org yg selama ini menyakiti kita alias psikopat

  39. Suami sy sejak hendak menikah hingga skrg (sktr 3,5tahun menikah) memang menunjukkan tanda2 psikopat tsb. Kami proses menikah bukan dg pacaran tapi taaruf. Awal taaruf dia keliatan sopan,menjelang hari H nikah dia dah keliatan kasar dan berkata2 nyakitin hati. Begitu juga selama perkawinan ini dia selalu bikin masalah dan bikin sy sakit hati. Setiap minggu hampir pasti ada masalah,bahkan seminggu bisa berkali2 munculin masalah. Hal sepele dia bengkokan supaya salah/dibesar2kan,yg udah salah bakal makin murka. Dia juga beberapa kali menyakiti fisik saya. Dia nyaris tak pernah menyesal dan minta maaf atas perbuatannya itu. Dia suka bohong,suka bentak,suka tiba2 mendiamkan sy dan cemberut,suka bilang mau poligami/padahal dia PNS dan sejak bujang udah bilang mau poligami kepada keluarga dan orang2,suka memutar balik fakta untuk menekan saya,bahkan suka menuduh sy dg kesalahan/dosa2 yg sebenarnya justru dialah yg melakukannya (😦 pedih skl rasanya),dia selalu bilang bahwa dia lbh mencintai ibunya daripada sy istrinya,dan selalu mendahulukan KEINGINAN2 ortunya daripada KEBUTUHAN istrinya,memuji ibunya dan membandingkan dg sy secara berlebihan dan menyakitkan,dia slalu menghina sy dalam SEGALA HAL!,jika marah dia tak bisa mengontrol diri sehingga barang dan diri saya kadang jadi pelampiasan energi marahnya itu. Dia pernah menantang saya agar melaporkan tindakannya pd ortu saya karna dia ingin mendapat marah dr ortu sy. Stlh ortu tau ternyata suami sy tak berani menghadap ortu sy untuk minta nasehat maupun minta maaf. Bahkan ketika sy memintanya untuk taubat dan menunjukkan ayat al quran tentang larangan memukul dan menyakiti istri tetap saja dia tak mau bertaubat. Dia bilang bahwa dia tak mau berubah,diatur dan diperintah. Dia menantang saya agar memberi keputusan saat itu juga jika sy tdk bs menerima prinsipnya itu. Akhirnya sy memilih mundur,sekarang sy dalam masa iddah. Mudah2an Alloh beri saya ganti suami yg jauh lbh baik daripada dia. Amien.. Mohon doanya ya teman2…
    Terima kasih banyak

    1. Boleh kenalan gak sama Sakinah…. kalo boleh mau minta email. Karena apa yang kami hadapi sama…. Hanya aku pengen cerai, tapi dia tidak mau dan ngancam akan membunuh kami semua kalau itu terjadi…

  40. Fyi,dia anak ke 3 dari 9 bersaudara. Masa kecilnya kurang kasih sayang. Bahkan sering dipukul oleh ayahnya. Pernah juga dipukul menggunakan sapu,sampai gagang sapu tsb patah jadi 2!
    Ortunya juga gak harmonis,dikit2 ibunya minta cerai. Ayahnya kikir,sementara ibunya matre!

  41. alasan mmbuka situs ini adalah karna perilaku teman sekantor yg cnderung mnujukan sifat sprti ciri2 seorang psyco. dn stlah byak mmpelajarix sya smakin yakin bahwa teman sy itu sakit, bnr2 seorang psyco…………………………

  42. wah jadi takut nih..soalnya anak saya umur 3 tahun udah pernah bunuh burung dengan cara dipukul pake kayu..dia jg sering nyakitin adeknya… Gimana solusinya nih…ada gak obatnya?

  43. jd susah jg ya mastiin org itu sikopat apa bukan?
    cb msh ada org sakti ky prabu siliwangi klo nggak tabib liem ya?
    bs minta tolong diobatin pk tenaga dalem…,
    hehe…

  44. saya punya teman, dia benar-benar psikopat. saya udah test dia dan jawabannya positif semua. jujur saya peduli. tapi umurnya baru tiga belas, apa itu sudah terlambat buat dibimbing? mohon dijawab. saya pas tahu itu sampe mau muntah, setengah pusing, setengah sedih, setengah takut. tolong, dong! saya bingung.

Tinggalkan Balasan

