Kedokteran Maritim

USNS MERCY..Indonesia kapan punya ya??

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. (Q.S. Luqman 31:31)

USNS MERCY front view 

General Characteristics:
Keel Laid: 1976 (the oil tanker)

Launched: July 20, 1985 (the hospital ship)

Commissioned: November 8, 1986

Builder: National Steel and Shipbuilding Co., San Diego, Calif.

Propulsion system: two GE turbines

Propellers: one

Length: 894 feet (272.6 meters)

Beam: 106 feet (32.3 meters)

Draft: 33

Displacement: approx. 69,350 tons full load

Speed: 17.5 knots

Aircraft: helicopter platform suitable for all helicopters

Homeport: San Diego, CA

Crew: Active: 63 MSC, 956 Naval medical staff and 258 Naval support staff. Crew: Inactive: 16 MSC and 40 Naval medical staff

USNS MERCY possesses a surgery with 12 operating theaters, an intensive-care unit with 80 beds and 1000 further beds.USNS MERCY is one of the two Hospital Ships of the Navy. Both ships are maintained by the Military Sealift Command and are part of the Naval Fleet Auxiliary Force (NFAF).

Keren gak sih!! Kapan Indonesia bisa punya Kapal Rumah sakit seperti ini? Kita lihat segi geografis indonesia yang berupa kepulauan, seharusnya bangsa ini lebih membutuhkan kapal sejenis itu.                                   My Indische

Bayangkan saja, bekas kapal tanker bisa disulap menjadi rumah sakit mobile.  Helipad, X-ray, CT-scan, MRI, Ruang Operasi, dll. Mungkin kalo Cakmoki (AC di UGD ndeso) membaca ini bisa jadi inspirasi PUSKESMAS KELILING antar pulau.🙂

Surgery Deck Helipad trans Side view

Memang biaya operasional mahal banget!!! Sekali jalan aja bisa menghabiskan US$10jt.   Tapi lihat sisi lain!! Sebagai Archipelago, yang diapit 2 benua, 2 samudra, dan dilewati 2 sabuk pegunungan dunia, SiberMedik pikir perlu -bahkan HARUS !!!–  Indonesia memiliki sarana seperti ini, berikut alasannya:

  1. Pengeluaran biaya kesehatan indonesia belum merata, terutama propinsi yg memiliki wilayah administratif kepulauan.
  2. Distribusi Tenaga kesehatan & Obat-obatan belum merata.
  3. Sering terjadinya bencana (Tsunami, Gempa, Longsor, Gunung meletus,& kerusuhan).
  4. Ancaman disintegrasi (Kurangnya perhatian pusat terhadap kesejahteraan daerah -dalam hal ini kesehatan- ).  

SOLUSI

Sebenarnya, apabila ada kemauan pastilah ada Jalan!! Belajar dari spesifikasi USNS MERCY, sebenarnya kita MAMPU!!

Kapal Tanker bekas –beberapa waktu lalu PERTAMINA menjual kapal tanker bekas *mode curiga*– yang dimodifikasi dengan membagi tiap ruangan layaknya rumah sakit adalah MUNGKIN!! Lulusan Teknik PERKAPALAN pun BISA!!

NEGERI INI MERASA TERLALU UNDERESTIMATE!!!

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu memenuhi kebutuhan rakyatnya sendiri” (Bung Hatta).

“Bangsa yang tidak dapat memenuhi kebutuhan rakyatnya sendiri, maka bangsa itu tidak akan bisa tegap berdiri menatap dunia”.

WIBAWA NEGERI INI HARUS DITEGAKKAN!! TUNJUKKAN BAHWA KITA MAMPU!!

Desain SiberMedik

Walau cuma coretan…tapi impian lebih indah…semoga bukan hanya mimpi..

Elek Yo Ben!! 

Arti Lambang:

  1. Cranium = Simbol Manusia (menyelamatkan jiwa manusia).
  2. Spuit = Simbol Medikasi cepat tanggap (dalam kondisi apapun selalu siap).
  3. Scalpel Blade = Simbol Kemampuan Bedah (harus dimiliki setiap tenaga kesehatan yang bertugas).
  4. Stetoskop = Simbol Diagnosa yang rasional (dalam kondisi gawat maupun tidak).
  5. “Salus Aegrotti Supreema Lex ‘Est” = Kutipan dari Hipocratic Oath yang artinya “Menolong Penderita Adalah Tujuan Utama“.

KRI SiberMedik -minimal untuk meng-cover wilayah indonesia harus punya 5 UNIT-….Amin…500x

Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui. (Q.S An Naml 27:61)

Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur. (Q.S. Faathir 35:12)

—fin—

10 thoughts on “USNS MERCY..Indonesia kapan punya ya??

  1. Iya kapan ya? Lha gempa di Aceh aja dulu sampe pemerintah kebingungan ke sana pake apa? Karena kapal2 Indonesia udah pada tua2 n kalah cepet ma kapal2 baru. Masak malah kesalip sama kapale Amerika?

    Tapi aq gak setuju klo logonya kayak gitu :d
    Itu mah cocoknya buat logo kapal bajak laut..

  2. negara kepulauan kok, kapalnyakuno semua… jadi inget suster apung yang dapat eagle award. ngasih apal 20 juta aja harus menang festival film dokumenter dulu😦 punya kayak USNS Mercy mah gak akan kepikir ama yang punya negara. bikin sendiri aja yuk😀

  3. He he memang susah mas. Lha wong APBN kita untuk pendidikan ama kesehatan kurang lebih banyak ngurusin perbankan. Saya pernah naik USNS Mercy waktu ke Alor setelah dari Nias kapal ini, emang kapal itu canggih amat deh…..dan peralatannya OK punya. Di Amerika saja mereka cuman punya 2 yang untuk west coast sama east coast. Yang dikirim ke kita itu salah satunya. Oh iya aku sering kesasar disana lha wong yang udah kerja 2 tahun disana aja sering kesasar. Gaji untuk tukang sapu mereka sekitar 3000 dolar = 27 jutaan , tukang masaknya aja 5000 dolar (padahal masakannya gak uenak pool) belum bayngkan dokternya, mereka biasanya sewa selam satu tahun untuk dokter, pegawainya. Salam dari Surabaya

  4. Comm. Billy Ray Davis (negro gede banget tuh) yang bertugas di Mercy pernah berkata dalam salah satu trip MedEnCamp bahwa semua ini berasal dari sebuah ide, tapi dengan pelaksanaan dari semua orang (yang cukup gila). Remember, mereka masih punya satu lagi, USNS Comfort.
    Anyway, gak perlu segede itulah, cukup kapal sekitar 30-40 ton. Sebaiknya jangan pake mesin tempel (boros, berat, polusi) dan dengan desain catamaran, dalam rangka speed, dan keseimbangan. Supaya poasien ga mabuk laut. Desain cat juga perlu just in case ga ada fuel, jadi sail saja. Ini jadi semacam ‘ambulan’ soalnya catamran 37 ton paling 45-50 feet, jadi ukuran satu Puskesmas.
    Ini bagus untuk daerah kepulauan seperti NTT. Untuk DAS (Daereah Aliran Sungai) saya masih perlu cari spesifikasi.

    From Dave, ex penerjemah Mercy di Kupang.
    Comment tentang Mercy in Kupang: Enakan tugas di lapangan daripada nemenin si Admiral!

  5. wkwkwk,,,jng pd ngimpi ah punya kapal secanggih ky gt,,mending rapin aja dlo sistem d sini,,kalo sistem belom rapi tar duid na malah pada d tilep,,,kalo udh d tilep,,tar kapalnya gk gede ky gt,,,,plg ukurang” kapal tongkang,,wkwkwkw

  6. @cwo16thn
    OPTIMIS merupakan jalan pembuka dari suatu impian..
    hilangkan sikap PESIMIS..bukankah Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum tersebut berusaha mengubahnya?

  7. Pak Dokter.
    Ini David yang ngusulin floating clinic pakai desain rangka trimaran-catamaran.

    Di NTT ada 2 LSM yang bersedia merintis floating Clinic. But mereka ga punya dokter yang mau jadi medics na. Ada yang mau ngga? tolong pm saya di frigateasgard@yahoo.com kalau ada.

  8. Saya bukan tipe suka cuap2 tanpa aksi, dan bukan tipe suka protes tapi ga punya solusi. saya optimis, dan saya tetap berharap. Btw, ada beberapa teman dokter yg dulu tugas di mercy juga mau mendukung. Bgaimana dokter Indonesia? akankah anda menerima tantangan ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s